Follow me on Instagram!

Penggantian Paspor sebelum Masa Berlaku Habis

Halo! Saya mau berbagi pengalaman aja, nih. Adakah di antara temen-temen yang :

  • Harus tinggal sementara di luar negeri, entah karena ada suatu kegiatan tertentu, pertukaran pelajar, dsb. Berangkatnya juga nggak lama lagi.
  • Paspor temen-temen masih aktif  lumayan lama (> 6 bulan), dan menurut prosedur yang normal belum waktunya diperpanjang.
  • Paspor temen-temen akan expired < 6 bulan sejak masa berlaku visa habis.
  • Padahal, untuk bisa tinggal sementara di negara tujuan, paspor temen-temen harus dalam kondisi aktif sekurang-kurangnya 6 bulan sejak masa berlaku visa habis
  • Mau diurus di negara tujuan, takut ribet, lebih mahal, dsb. 

Tenang temen-temen! Semuanya bisa kok diurus dengan mudah di kantor imigrasi terdekat. Kalau saya, waktu itu kejadiannya H minus sebulan keberangkatan saya ke Jepang, untuk ikut program student exchange di TsukubaDai selama 1 semester. Berhubung saya orang Bogor, inilah yang waktu itu saya lakukan. 

Hari pertama saya datang ke Kantor Imigrasi Kelas II Bogor yang letaknya di Jl. Jend. A. Yani No. 65. Sebagai saran, datanglah di hari Senin untuk memperbesar peluang kamu bisa mendapatkan paspor baru kamu di minggu yang sama. Jadi, nggak terseling weekend. Karena waktu itu saya belum tahu mesti ngapain, saya ngantri aja langsung di bagian informasi (nggak perlu pake nomor antrian, begitu kosong kamu bisa langsung duduk dan tanya-tanya sama petugasnya). Ternyata untuk kasus seperti ini, prosedur yang bisa diikuti adalah prosedur biasa untuk membuat paspor baru DITAMBAH surat permohonan BERMATERAI Rp6.000,00 yang harus kamu buat sendiri. Contoh suratnya dikasih sama petugasnya kok, dan boleh kamu bawa pulang. Ketiklah di rumah dengan rapi sesuai contoh yang diberikan sambil menyiapkan semua berkas yang diperlukan, serta mengisi formulir pengajuan paspor yang bisa langsung kamu ambil secara gratis di sana.

Berikut ini contoh surat permohonan untuk penggantian paspor sebelum masa berlaku habis, yang saya dapat dari kantor imigrasi di Bogor.



Hari Selasa saya datang lagi pagi-pagi (sebagai gambaran, saya datang jam 7 pagi dan dapat nomor antrian 114) dengan membawa semua berkas yang diperlukan, yang terdiri dari : 
  1. Fotokopi KTP + ASLINYA
  2. Fotokopi akta kelahiran/ijazah terakhir + ASLINYA
  3. Fotokopi kartu keluarga + ASLINYA
  4. Fotokopi paspor lama + ASLINYA
Bawalah juga uang sebesar Rp360.000,00 dengan rincian Rp355.000,00 untuk buku paspor + jasa dan Rp5.000,00 untuk biaya administrasi/biaya proses (siapkanlah uang pas, karena loket pembayaran tidak menyediakan kembalian) karena pembayaran, foto, dan wawancara akan dilakukan di hari itu juga.

Sebagai tips, fotokopi KTP dan paspor lama di kantor imigrasinya aja, supaya nggak salah-salah. Untuk berkas yang lain, bisa fotokopi sendiri di tempat lain tapi kertasnya A4 ya, dan jangan ada yang dipotong-potong.

Alur di hari kedua ini adalah sbb :
Kamu datang  >> yakin sudah membawa semua berkas lengkap+uang  >>  ambil nomor antrian >> tunggu di kursi yang ada di halaman depan kantor imigrasi  >> jam 07.30 petugas mulai mempersilakan para pemohon masuk ruangan  (tunggu giliran dipanggil sesuai dengan nomor antrian) >> ke bagian informasi untuk pemeriksaan berkas (disini nggak berdasarkan nomor antrian, ikuti petunjuk petugas)  >>  ke loket untuk pengumpulan berkas (akan dipanggil sesuai nomor antrian)   >>  membayar di loket pembayaran dengan uang pas  >>  kamu dapat bukti pembayaran  >>  foto  >>  wawancara.

Hari Jumat, saya sudah bisa mengambil paspor baru saya (jam pengambilan paspor adalah 13.00-15.00) dengan membawa bukti pembayaran yang saya terima hari Selasa. Kamu langsung saja ke loket pengambilan (loket 6), tanda tangan sebagai bukti pengambilan, dan selesai deh!

Mudah bukan?

Comments

  1. Terimakasih infonya sgt membantu:)
    Saya mau nanya apakah surat permohonan penggantian paspor tersebut perlu melampirkan dokumen pendukung, seperti tiket pesawat atau letter of acceptance dari universitas?
    atukah cukup surat permohonan itu saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur kalau membantu :) waktu saya dulu sih nggak kok, cukup permohonan itu aja. Waktu saya dulu spt nya kantor pajak nya juga nggak peduli alasan nya apa hehehe, pokoknya jadi spt buat paspor baru, hanya diberi keterangan aja bahwa ini mau ganti sebelum masa berlakunya habis :)

      Delete
    2. Syukur kalau membantu :) waktu saya dulu sih nggak kok, cukup permohonan itu aja. Waktu saya dulu spt nya kantor pajak nya juga nggak peduli alasan nya apa hehehe, pokoknya jadi spt buat paspor baru, hanya diberi keterangan aja bahwa ini mau ganti sebelum masa berlakunya habis :)

      Delete
  2. Replies
    1. Syukurlah kalau membantu.. semoga bermanfaat :)

      Delete
  3. Sangat membantu sekali...terimakasih infonya...saat ini sy ditolak imigrasi karna masa berlaku saya masih 7bulan...masa habis paasport sy bulan mei 2018 sy perpanjang bulan oktober 2018 kmrn blum bisa disuru balik lagi bulan november...sy sudah ngeyel karna sy melakukan perjalanan ke LN di akhir des,mepet sekali blum buat visa nya juga...gak ada solusi dari pihak imigrasi ,disampaikan klu memang aturannya sperti itu...😭😭😭 disuru balik lagi november itupun belum tentu bisa katanya🤔🤔jadi deg deg an 😄😁😁 mau sy coba untuk tetap bawa surat permohonan buat jaga2...biar gak bolak balik 😉😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah kalau membantu.. Semoga bermanfaat.. :)

      Delete
    2. Syukurlah kalau membantu.. Semoga bermanfaat.. :)

      Delete
  4. Ka maaf saya permohonan untuk bekerja di luar negeri itu gimana kak? Apakah perlu pihak PT saya yg buatkan itu surat permohonan nya? Makasih kak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo April Lia, maaf telat respon. Saya sih belum pernah ada pengalaman pribadi kalau untuk kerja di luar negeri, tapi setahu saya memang seharusnya ada surat resmi dari perusahaan penerima kerja di luar negeri tsb yg akan berlaku sebagai penjamin ketika di sana, supaya bisa mengurus permohonan visa kerja nya :)

      Delete
    2. Halo April Lia, maaf telat respon. Saya sih belum pernah ada pengalaman pribadi kalau untuk kerja di luar negeri, tapi setahu saya memang seharusnya ada surat resmi dari perusahaan penerima kerja di luar negeri tsb yg akan berlaku sebagai penjamin ketika di sana, supaya bisa mengurus permohonan visa kerja nya :)

      Delete
  5. ka mau tnya ,,saya mau buat paspor baru ,,di kk almarhum ayah saya salah ketik 1 huruf jadi beda sama nama ayah di ijazah,,apa tidak masalah ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Widya,kalau gitu gunakan saja akte kelahiran Widya untuk berkas nya.. jadi tidak perlu ijazah. Kan persyaratannya akte kelahiran ATAU ijazah :)

      Delete
    2. Hai Widya,kalau gitu gunakan saja akte kelahiran Widya untuk berkas nya.. jadi tidak perlu ijazah. Kan persyaratannya akte kelahiran ATAU ijazah :)

      Delete
  6. kak aku mau Tanya
    sekarang aku pake visa kerja di jepang tapi masa berlaku visaku sampe tahun 2019 bulan 3
    sedangkan masa berlaku paspor ku sampai tahun depan bulan November
    karena aku mau perpanjang visa,jadi aku harus perpanjang paspor terlebih dahulu
    aku mau perpanjang tahun ini bulan 12 bisa ndak iA dan bagaimana syaratnya
    aku diwilayah kbri Tokyo
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maaf sekali telat merespon. Berarti paspornya memang harus diperbaharui dulu, coba ditanyakan kepada pihak KBRI untuk penggantian paspor sebelum masa berlaku habis ya. Semoga membantu.

      Delete
  7. fotokopi paspor nya halaman depan aja ya atau semua halaman? terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment