Follow me on Instagram!

Japanese Language Proficiency Test (JLPT)

Japanese Language Proficiency Test (JLPT) adalah ujian kemampuan bahasa Jepang untuk orang-orang yang bukan penutur asli bahasa Jepang. Jika lulus ujian ini, kita akan mendapat sertifikat kemahiran bahasa Jepang berdasarkan tingkatan level. Level yang bisa diikuti antara lain N5, N4, N3, N2, dan N1, dengan level N5 adalah yang paling rendah tingkat kesulitannya.

Berikut ini website resmi JLPT : http://www.jlpt.jp/e/

Ujian JLPT ini dikenal dengan Nihongo Nouryoku Shiken(日本語能力試験)dalam Bahasa Jepang. Ujian ini diadakan 2 kali dalam setahun yaitu pada minggu pertama di bulan Juli dan minggu pertama di bulan Desember, serentak di beberapa negara di dunia (ujian di hari Minggu). Di Indonesia sendiri, ujian JLPT hanya diselenggarakan di 7 kota yaitu Jakarta,  Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Padang.


Kebetulan saya berkesempatan ikut ujian JLPT level N4 di Jakarta, pada tanggal 6 Desember 2015 yang lalu, dan berhasil lulus. Lumayan, hehe.

Bagaimana cara jika kita ingin mendaftar untuk ikut ujian JLPT di Jakarta?

Datang ke kantor The Japan Foundation di Gedung Summitmas 1 Lantai 3, Jl. Jend. Sudirman Kavling 61-62, Jakarta 12190. Pendaftaran untuk ujian bulan Juli biasanya dibuka sekitar bulan Maret-April, sedangkan untuk ujian bulan Desember biasanya dibuka sekitar bulan Agustus-September. Kemarin sih saya mantengin infonya dari halaman Facebook The Japan Foundation, Jakarta.

Datangnya di jam kerja (agak repot sih ya bagi temen-temen yang udah kerja). Kalau bisa datang secepatnya begitu periode pendaftaran terbuka, karena pendaftaran terbatas hanya sampai formulir pendaftarannya habis saja.

Dari Bogor saya naik kereta sampai Stasiun Sudirman, lalu jalan kaki sampai halte busway Dukuh Atas 2, nyebrang ke Halte Dukuh Atas 1 trus naik busway sampai ke halte Bundaran Senayan. Dari situ tinggal jalan kaki ke gedung Summitmas 1.

Jangan lupa bawa pasfoto berukuran 3x4 sebanyak 2 lembar, supaya nggak bolak balik ke Jakarta lagi.

Sesampainya di kantor The Japan Foundation, di sana sudah ada panitia yang stand by untuk mengurusi orang-orang yang akan daftar JLPT. Pertama-tama bayar dulu biaya pendaftaran ujiannya sebesar Rp15.000,00, lalu kita akan dapat formulir pendaftaran. Kita juga akan menerima buku panduan JLPT, di dalamnya terdapat detail informasi tentang tingkat kesulitan level N5-N1, kriteria kelulusan ujian, tata cara pengisian formulir pendaftaran, dan tata cara pengisian lembar jawab ujian.
Kita bisa mengisi formulir tersebut di tempat, ada contohnya yang tertempel di meja. Semua tinggal diisi sesuai panduan yang ada. Jika ada kesulitan, kita juga bisa tanyakan langsung kepada panitia di sana.

Setelah formulir pendaftaran selesai diisi, kita serahkan kembali formulirnya kepada panitia. Setelah itu kita akan diminta membayar biaya ujian. Biaya ujian berbeda-beda untuk setiap level, untuk N4 kemarin biayanya Rp85.000,00.

Kira-kira satu bulan sebelum tanggal test, kartu ujian serta informasi tempat dan waktu test akan dikirimkan ke alamat kita (sesuai formulir pendaftaran).

Waktu itu, nomor ujian saya masuk ke kelompok yang ujiannya di Universitas Darma Persada, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Kelompok peserta ujian level N4 yang lain dapat tempat ujian yang berbeda.

Hasil Ujian

Sekitar akhir Januari 2016, hasil ujian sudah dapat dilihat secara online melalui link berikut ini : https://www.jlpt-overseas.jp/onlineresults/preinput.do

dengan menginput nomor ujian serta password sesuai saat pendaftaran.

Ini hasil online saya dulu, lihatnya di rumah terus loncat-loncat girang karena ternyata lulus LOL (gak jadi buang uang biaya ujian hahaha).

JLPT Online Result


Sekitar akhir Maret 2016, sertifikat ujian sudah dapat diambil di sekretariat panitia ujian lokal masing-masing kota, kalau di Jakarta itu di Universitas Darma Persada. Cara tahunya, kamu harus rajin-rajin email atau telepon ke sekretariat panitia JLPT di Universitas Darma Persada untuk menanyakan apakah sertifikat sudah dapat diambil ataukah belum.

Kamu tinggal datang ke sana, menyerahkan kartu ujian JLPT kamu, lalu panitia akan menukarnya dengan sertifikat dan laporan skor ujian kamu.

Ini sertifikat N4 saya hore…



Next, ujian N3 tanggal 4 Desember 2016!! Semoga bisa ikut dan lulus lagi Amin!  頑張りまーす!

Comments

  1. Ka, biasanya test nya itu pagi apa gimana? Terus misalkan tempat nya itu random? Aku kan bekasi nih, nah itu pasti test di unsada apa ada kemungkinan di jakarta?

    ReplyDelete
  2. Ka, biasanya test nya itu pagi apa gimana? Terus misalkan tempat nya itu random? Aku kan bekasi nih, nah itu pasti test di unsada apa ada kemungkinan di jakarta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Shafira, test nya biasanya pagi.. jam 9 mulai, nah selesai nya itu beda2 tergantung level. Iya random tempatnya, pas daftar belum tahu, nanti kalau udah daftar, nomor ujian dan tempat baru dikasitau lewat dokumen yg dikirim ke rumah.. ga selalu di unsada, waktu itu dibagi-nya sesuai nomor ujian..

      Delete
    2. Hai Shafira, test nya biasanya pagi.. jam 9 mulai, nah selesai nya itu beda2 tergantung level. Iya random tempatnya, pas daftar belum tahu, nanti kalau udah daftar, nomor ujian dan tempat baru dikasitau lewat dokumen yg dikirim ke rumah.. ga selalu di unsada, waktu itu dibagi-nya sesuai nomor ujian..

      Delete
  3. Kak, waktu itu saya nulis alamat unsada nya buat ngirimin kartu, nanti diambil dimananya ya? Terima kasih banyak, btw good luck ya untuk ujian berikutnya ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry telat balasnya, kalau gitu berarti kartunya akan dikirim ke Unsada yaa, seharusnya ambilnya di sekretariat JLPT di Unsada-nya.. biar nggak bolak-balik, bisa telepon dulu :)

      Delete
    2. Sorry telat balasnya, kalau gitu berarti kartunya akan dikirim ke Unsada yaa, seharusnya ambilnya di sekretariat JLPT di Unsada-nya.. biar nggak bolak-balik, bisa telepon dulu :)

      Delete
  4. Kak, kasih tau soal ujian jlpt N4 nya dong, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo :) waktu itu saya sih suka ikut latihan online di sini tipe soalnya ya spt itu :) http://www.jlpt.jp/e/samples/forlearners.html

      Delete
    2. Halo :) waktu itu saya sih suka ikut latihan online di sini tipe soalnya ya spt itu :) http://www.jlpt.jp/e/samples/forlearners.html

      Delete
  5. Kak itu testnya kita harus sudah bisa bahasa jepang atau gimana? Soalnya aku gapeenah belajar bahasa jepan sama sekali kak sebelumnya. Mohon bantuan infonya kak. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo :) iya harus sudah pernah belajar :) ada level2 nya, yang N5 saja sudah harus bisa baca katakana, hiragana , dan grammar dasar. Krn ujian semua dalam bahasa jepang ada grammar , listening, reading :)

      Delete
  6. Halo kak! Aku mau nanya, jadi kemaren aku ikut noken (jlpt) july 2017 di jakarta, level n4 dan ternyata aku lulus. Aku berasal dari luar kota kak. Aku yg diluar kota bisa nerima sertifikatnya dalam via pengiriman tidak kak? Aku jauh bgt mslhnya. Aku dr kalimantan.mungkin kaka bisa ngasih pencerahan. Makasih kak. Ditunggu balesannya😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Myo! Maaf banget telat balasnya ya. Kebetulan aku belum pernah tahu pasti soal sertifikat bisa dikirim atau tidak, karena selama ini selalu mengambil langsung. Mungkin kamu bisa langsung telepon ke sekretariat panitia tempat pengambilan sertifikatnya, karena waktu itu aku aja telepon dulu sebelum datang ngambil biar nggak bolak balik. Maaf yaa nggak membantu banyak...

      Delete
  7. Hallo Kak Tania,
    Mau tanya dong untuk referensi buku N5 sama N4. buku yg bagus apa ya kak?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga Miftahul Janah, maaf telat balasnya. Kalau aku dulu sih beli buku nya Gakushudo aja, sisanya browsing situs-situs yang suka ngasih contoh soal dan latihan online JLPT free gitu. Lumayan membantu. Gak pake buku khusus yang gimana-gimana sih aku waktu itu hehe.

      Delete
  8. menurut mu 6 bulan buat buat belajar N3 itu bisa ngga? aku ngejar N2 soalnya、 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, tergantung sih ya. Tapi kalau terbiasa sama soal2 jlpt harusnya sih bisa yaa.

      Delete
    2. Hai, tergantung sih ya. Tapi kalau terbiasa sama soal2 jlpt harusnya sih bisa yaa.

      Delete
  9. Replies
    1. Saya dulu dapat tempat test di Unsada :)

      Delete
    2. Saya dulu dapat tempat test di Unsada :)

      Delete

Post a Comment