Follow me on Instagram!

Berburu Bunga Sakura di Tokyo!

Halo lagi! Kali ini mau buat artikel dari pengalaman 3 tahun yang lalu yang berkesan banget hanya saja belum sempet buat kisah-nya hahaha.

Berburu foto dengan pohon sakura!
Ini pengalaman saya hunting buat lihat bunga sakura di Jepang, saat masih jadi siswa pertukaran pelajar di Universitas Tsukuba, Ibaraki, Jepang. Ramalan resmi mekarnya bunga sakura (official cherry blossom blooming forecast) di Jepang sudah muncul, saya pesimis bisa lihat bunga sakura mekar di negara asalnya. Andai seminggu lagiiii ajaa stay di Jepang, saya bisa lihat full bloom bunga sakura di Tokyo. Sayangnya, visa studi saya akan habis tanggal 25 Maret 2015, belum sidang juga, jadi sudah harus segera pulang. 

Jadi, waktu itu tanggal 20 Maret 2015 (masih inget banget banget), H-4 kepulangan ke Indonesia. Saya dan Gina (one and only partner exchange di Tsukuba dari Teknologi Pangan IPB hahaha) nekat jalan ke Tokyo, dengan harapan bisa lihat ada pohon sakura yang sudah berbunga di Tokyo. Logikanya, Tokyo lebih hangat dari Tsukuba, jadi seharusnya peluang ada bunga sakura yang sudah mekar lebih besar. Tujuan kita ke Ueno Park, salah satu tempat hanami paling populer di Tokyo katanya.

Bunga sakura a.k.a Cherry Blossom

Daaaan ternyata, dasar emang berjodoh, Tuhan mengizinkan kita lihat bunga sakura sebelum pulang. Meski belum full-bloom, sudah ada 1 atau 2 atau 3 pohon sakura yang berbunga (dari puluhan pohon di Ueno Park). Yeaaay thanks God! Langsung deh kita foto-foto kegirangan. 


Pohon (diduga) sakura pertama yang kita temukan di sekitar Ueno Park

Kita jalan lagi menyusuri Ueno Park, dan akhirnya sampai ke tempat yang seharusnya jadi tempat hanami kalau bunga sakura sudah full-bloom!! Hore!! Tampak dekorasi hanami seperti lampion-lampion dsb sudah dipasang, tapi baru sedikit pohon yang berbunga. Tidak apa-apa, tetap kelihatan cantiknya!


Area hanami di Ueno Park

Orang-orang ternyata sudah mulai berdatangan untuk melihat sakura juga

Belum afdol kalau belum foto yang ada saya-nya, lumayan juga

Jalan-jalan di sekitar Ueno Park dilanjutkan lagi, saya dan Gina sampai di Kanneiji. Di halaman kuil tersebut ada satu pohon sakura besar yang dipagari, dan sudah berbunga juga. Cantik!


I'm so small

Setelah berkeliling lagi di Ueno Park, kami menemukan satu pohon sakura lagi yang sudah berbunga. Langsung foto-foto lagi.






Dasar manusia nggak puas-puas untuk lihat sakura di hari itu, saya dan Gina pun berencana untuk ke taman lainnya di Tokyo di hari berikutnya. Mumpung ternyata bunga sakura memang sudah mekar walaupun masih sedikit. Keesokan harinya tanggal 21 Maret 2015, yaitu H-3 kepulangan ke Indonesia, bukannya mulai packing kami malah pergi lagi ke Tokyo untuk hunting bunga sakura. Tujuan kami kali kedua ke Sumida Park, dekat Tokyo Skytree. Berhasil ketemu bunga sakura lagi!


Pohon sakura pertama yang kami temukan di Sumida Park

Zoom in

Yang sudah gugur masih cantik

Cherry Blossom X Tokyo Skytree

Jadi, buat kamu yang lagi ada di Tokyo dan sekitarnya, Ueno Park dan Sumida Park bisa jadi rekomendasi tempat untuk melihat bunga sakura di Jepang ya. Kedua taman ini gratis pula tidak ada biaya masuknya.

Ngomong-ngomong soal bunga sakura, di Jepang ini kalau sedang musim sakura, banyak jajanan, makanan, minuman, dan barang-barang musiman yang bertemakan sakura juga loh! Salah satu yang paling sering terlihat ya sakura mochi ini nih. Cantik di mata, lezat di mulut. Harus coba!


Sakura mochi dengan daun dan bunga sakura asli!

Akhir kata, thanks God for letting us to see the cherry blossom, Japan's pride. See you at the next post!

Comments