Follow me on Instagram!

Cara Beli dan Pakai JR Tokyo Wide Pass

Halo-halo semua! Akhirnya saya kembali dengan postingan baru :)

Jadi ceritanya minggu lalu saya berkesempatan liburan ke Jepang lagi, tapi kali ini ajak mami sama papi :) Seru, dan jadi tantangan tersendiri karena kali ini ajak orangtua. Liburannya 10 hari di musim semi, keliling daerah Kanto dengan memanfaatkan JR Tokyo Wide Pass. Ala-ala backpacker, jadi nggak pake jasa tour sama sekali :)

Nah, maka dari itu kali ini saya mau share pengalaman beli dan memanfaatkan JR Tokyo Wide Pass, siapa tahu berguna bagi yang mau liburan ke Jepang dan pakai pass ini juga :) Mudah kok untuk dibeli sendiri langsung di Jepang, nggak perlu booking lewat jasa tour & travel dari Indonesia juga bisa :)

Sebenernya, info lengkap tentang JR Tokyo Wide Pass sudah tersedia di website-nya JR East, tapi ada beberapa info yang tidak tercantum, mungkin memang baru bisa tahu kalau sudah beli dan pakai langsung.. Share yuk..

Jadi, apa itu JR Tokyo Wide Pass?

"The JR TOKYO Wide Pass is a discounted pass for unlimited rides in Tokyo and the surrounding Kanto area. Valid for three days, the pass is good for unlimited rides using reserved seats on ordinary cars on Shinkansen, limited express and other trains in the valid use area. The JR TOKYO Wide Pass makes it easy to visit popular tourist destinations such as Mt. Fuji, Izu and Karuizawa, GALA Yuzawa."  (dari: https://www.jreast.co.jp/e/tokyowidepass/)

JR Tokyo Wide Pass justru hanya bisa dibeli oleh pemegang paspor asing dengan visa kunjungan sementara loooh, jadi keuntungan tersendiri untuk kita para turis asing. Harganya jika dibeli di Jepang 10.000 yen (dewasa di atas 12 tahun) dan 5.000 yen (anak-anak usia 6-11 tahun) untuk penggunaan 3 hari berturut-turut. Jadi untuk ini supaya bisa maksmal pemanfaatannya, harus sudah dihitung-hitung dulu apakah dengan membeli pass ini bisa menghemat biaya perjalanan atau jangan-jangan justru sebaliknya.

Berikut VALID TRAIN ROUTES nya menurut website JR East juga :
  1. JR East Lines
  2. Tokyo Monorail
  3. Izu Kyuko Line
  4. Fujikyu Railway - setahu saya ini justru tidak termasuk kalau di JR Pass (yang bukan Tokyo Wide)
  5. Joshin Dentetsu Line
  6. Saitama New Urban Transit Line (New Shuttle) – between Omiya and the Railway Museum
  7. The entire Tokyo Waterfront Area Rapid Transit Rinkai Line
  8. The following limited express trains that directly run between the JR East lines and Tobu Railway lines: the Nikko, the SPACIA Nikko, the Kinugawa, and the SPACIA Kinugawa. Also, the local trains (including rapid trains) between Shimo-imaichi and Tobu-nikko/Kinugawa-onsen Stations.
Notes:
  1. The JR TOKYO Wide Pass is not valid on Tokaido Shinkansens and JR buses.
  2. A separate fee is required for travel outside the designated unreserved seating zone.
  3. The Hayabusa, Komachi, and GranClass are not available. For usage, payment of limited express charges and GranClass charges is required.
  4. On the Fujikyu Railway, separate tickets are required for the number 1 car of the Fujisan Express and the Fujisan View Express, and to ride the Fuji Tozan Densha.
  5. When traveling on reserved seating, please go to a Ticket Office (Midori-no-madoguchi) or a Travel Service Center at a JR East station before boarding and present this pass to obtain a (free) reserved-seat ticket. This pass itself cannot guarantee the availability of reserved seating. 
  6. You can use non-reserved seating with this pass alone. Please note, however, that some trains do not have non-reserved seating.
cek juga informasi lengkap lainnya di website JR East ya.

Nah, sekarang yang saya mau share tentang cara beli dan pakai-nya yaaa

Saya berencana memanfaatkan JR Tokyo Wide Pass ini untuk pergi ke Ushiku Daibutsu (menggunakan JR Joban Line special rapid service), Kawaguchiko (menggunakan limited express) dan Hitachi Seaside Park (menggunakan limited express) yang kalau dihitung-hitung ongkosnya sudah lebih dari 10.000 per orang jadi kalau pakai JR Tokyo Wide Pass bisa lebih hemat.

JR Tokyo Wide Pass - tampak depan

JR Tokyo Wide Pass - tampak belakang

JR Tokyo Wide Pass Usage Area

Belinya di mana?

JR Tokyo Wide Pass bisa dibeli bandara atau di stasiun JR : Narita Airport Terminal 1,2,3, Haneda Airport International Terminal, Tokyo St, Shinagawa St, Ueno St, Shinjuku St, Shibuya St, Ikebukuro St, Yokohama St, Mito St. Jam buka kantor penjualan lengkap ada di website JR East https://www.jreast.co.jp/e/tokyowidepass/ (karena masing-masing berbeda-beda jam buka dan tutup-nya, jangan lupa cek dahulu yaa)

1. Pertama ketika akan beli, datang ke kantor penjualan yang disebut di atas pada jam kantor-nya. Bilang sama petugas bahwa kamu akan beli JR Tokyo Wide Pass, jangan khawatir petugas nya bisa berbahasa Inggris semua kok, mengingat yang datang untuk beli pass pasti orang asing semua. Kalau saya karena sekalian lewat, beli-nya di kantor JR Ueno St.

2. Kamu akan dipandu untuk masuk antrian pembelian JR Tokyo Wide Pass, jangan khawatir pasti kamu akan ketemu orang-orang lain yang mau beli juga hahahaha

3. Sesampainya ke loket pelayanan bilang kamu akan  beli JR Tokyo Wide Pass, kalau saya akan beli 3 sekaligus karena untuk orangtua ya kan, jadi langsung bilang saja mau beli 3, orangtua jadi nggak usah ikut antri gak apa-apa.

4. Kamu akan langsung ditanya untuk pemakaian kapan. Nah untuk ini, sebelumnya saya sering lihat di blog-blog, katanya tanggal pertama pemakaian-nya bebas tetapi harus divalidasi dulu pas pertama pakai. Entah sudah berganti aturan atau gimana, kalau untuk saya, saya diminta langsung menyebutkan kapan pass ini akan digunakan, karena sudah memang sudah ada rencananya saya langsung sebut 24 April-26 April. Tanggal ini TIDAK DAPAT DIUBAH LAGI yaa dan pemakaian pertama-nya jadi nggak perlu divalidasi lagi. Pass kamu akan distempel: "AGREED: NO CHANGE OF THE STARTING DATE"

5. Kamu akan diminta bayar cash 10.000 yen/pass karena saya beli 3 ya 30.000 jadinya ya.

6. Kamu akan dijelaskan bahwa saat pemakaian pass ini, kamu tidak akan bisa mengguakan ticket gate otomatis di stasiun, melainkan harus melewati ticket gate yang ada petugas-nya dengan menunjukkan pass-nya ke petugas tersebut. Setiap stasiun pasti punya gate ber-petugas di sisi kiri atau kanan ticket gate otomatis kok jadi saat pass ini digunakan harus lewat sini. 

7. Kamu juga akan dijelaskan bahwa dengan JR Tokyo Wide Pass ini kamu bisa reserve tempat duduk di limited express dan atau shinkansen dengan gratis, yang aslinya harus bayar biaya tambahan untuk reserved seat. Penjelasannya kawaii, pakai Japanese-English plus ilustrasi gambar dengan teks Bahasa Inggris jadi mudah dimengerti hahaha

8. Nah, karena saya memang mau pakai limited express ke Hitachi Seaside Park dan Kawaguchiko, saya langung tanya apakah saya bisa reserve saat itu juga (sekalian gituloh ya kan), dan ternyata bisa. Kebetulan saya sudah tahu mau book yang jam berapa dan rute ke mana, saya tinggal sebut mau naik limited express apa, dari mana ke mana, dan jam berapa (pencarian rute dan timetable kereta JR juga bisa dicek lengkap di website ya) untuk ke Hitachi Seaside Park dulu. Gak ada semenit, saya langsung terima tiket untuk naik limited express TOKIWA dengan jam, rute dan tempat duduk sederet jadi berbarengan dengan orangtua. 

9. Nah, ketika saya akan reserve untuk tiket pulangnya juga sekalian, juga tiket limited express yang untuk ke Kawaguchiko, saya diberi tahu bahwa booking reserved seat hanya dibatasi satu kali di hari itu dari kantor dimana saya membeli JR Tokyo Wide Pass yaitu Ueno St. Yaah berarti harus book dari kantor lain di hari lain untuk tiket limited express pulang dari Hitachi dan tiket limited express PP Kawaguchiko :(  Eh tapi ternyata, beberapa menit kemudian diberi tahu lagi oleh petugas-nya bahwa dikarenakan semua kantor sedang crowded, rute yang saya inginkan juga crowded saya diizinkan untuk book tiket pulang dari Hitachi sekalian. Lumayaaan tersisa tiket limited express PP Kawaguchiko yang belum di book.

Cara pakainya saat hari H?

1. Kamu tinggal tunjukkan JR Tokyo Wide Pass mu di ticket gate berpetugas, istilah keren-nya kalau di kamus per JR Pass-an itu manned ticket gate.

2. Begitu lihat JR Tokyo Wide Pass kamu, kamu akan langsung dikasih lewat. Ada juga sih petugas yang minta lihat, ngecek tanggal-nya beneran valid atau nggak, sama ada yang ngasih stempel juga. Tapi intinya, tunjukkan aja JR Tokyo Wide Pass mu, dan lewat like a boss! wkwkwkwk

Selesai deh, mudah kan! Beli sendiri JR Tokyo Wide Pass langsung setelah sampai di Jepang juga bisaaa

Untuk lebih lengkapnya tentang cara book reserved seat dengan JR Tokyo Wide Pass di artikel selanjutnya yaaa. See you!

Comments

  1. Maaf mau tanya kalau naik shinkansen dari tokyo ke osaka juga bisa dipakai JR Wide pass yg 3 days ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo.. untuk ke Osaka tidak bisa yaa.. hanya Tokyo dan sekitarnya, nah 'sekitarnya' itu bisa dibaca lagi infonya di atas atau di official website nya ya. Juga cek lagi coverage area nya.. hanya tokyo dan perfektur2 tetangga nya saja..

      Delete
  2. Halloo, kalo u/ ke disney sea bisa pake Tokyo Wide Pass ini ga? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo maaf baru merespon. Bisa, JR Tokyo Wide Pass berlaku untuk semua line kereta JR di Tokyo. Selama menggunakan kereta JR untuk ke Disney Sea, bisa dipakai. Akses ke Disney Sea nya sendiri bisa dicek di website nya Tokyo Disney Sea yaa

      Delete
  3. Heii..tania kl dr bandara narita ke tokyo naik shinkansen, kartu ini apa bs dipakai? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Untuk ke Tokyo dari Bandara Narita tidak perlu Shinkansen ya (dan tidak ada juga jalur shinkansen langsung dr bandara ke Tokyo), akses bisa dicek lagi lengkapnya di website Bandara Narita. Cukup naik kereta biasa, selama keretanya kereta JR bisa dipakai pass nya. Subway tidak bisa ya.

      Delete
  4. Hallo, kalau reserved tiket PP di kantor berbeda di hari yg sama, bisa?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja, tapi kenapa tidak sekalian saja pesan nya? :)

      Delete
    2. Iya, kan di atas dibilang kalo cuma bisa pesan reserved tiket untuk pergi tapi tidak bisa tiket untuk pulangnya di kantor yg sama di hari yg sama.. berarti misalnya di hari yg sama: saya beli tiket pergi di kantor narita, tiket pulangnya di kantor ueno, begitu?
      Terima kasih

      Delete
    3. Oooh ini maksudnya utk.yg pertama kali pas setelah beli ya.iya bisa kok di kantor lain utk tiket pulang nya.. 👍

      Delete
  5. Haloo tania, thanks for the info, jadi misal saya mau pake tanggal 10, beli dr tanggal 8 gitu bisa ya? Dan bisa langsung secure seat number baik untuk ke gala yuzawa misal atau NEX?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga, iya bisa.. jadi datang tanggal 8 kekantor bilang beli JR Tokyo Wide Pass untuk tanggal 10-12 (misal 10 adalah starting date nya) dan langsung book seat, tapi hanya bisa satu dulu..yg lain nanti book di kantor lain di hari lain semoga membantu :)

      Delete
  6. Konnichiwa.. trims berat infonya di blognya ni..keren punya..
    trs mau nanya nih..maaf sblmnya klo bnyak prtanyaan, hehe
    1.apa JR Tokyo Wide Pass (TWP) harus beli di Jepang? Bisakah di Indo, misal Bali? Atau online?
    2. Bila itinerary spt ni
    .hari1 :Sakura Kawazu;
    Hari 2 :Ski Gala Yuzawa / Karuizawa Prince/ Snow Town Yeti/Fujiten atau ski salju lain yg outdoor &sejalur
    Hari 3 : gunung fuji 5th station,ropeway,kawaguchi lake,gotemba
    Hari 4 shibuya,hachiko,asakusa temple,akihabara,kimono rent atau tokyo city tour
    5. Optional (mohon masukan)
    Apa TWP bs mengcover spot2 itu? Atau 3 diantara 4 spot itu? Karena hnya untuk 3 hari &hrs runut katanya..hehe..
    Atau TWP bs beli untuk lebih dari 3 hari?
    Bgmn sebaiknya? Apa kiat2, tips&trik nya untuk rencana trip smacam ni??
    Domo Arigato . . .^^



    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.. terima kasih sudah mampir ke blog saya.. saya coba jawab sebisanya yah

      1. Kebetulan untuk JR Tokyo Wide Pass hanya bisa beli di Jepang ya

      2. Melihat itinerarinya sih ini sudah cocok menggunakan JR Tokyo Wide Pass nih. Yang pasti pakailah untuk ke Gala Yuzawa (hari 2) dan Kawaguchiko (hari 3). Nah untuk yang satu hari lagi nya tidak coba ke Ibaraki? Misal ke Hitachi Seaside Park :) Soalnya untuk ke Sakura Kawazu (hari 1) dan di dalam Tokyo (hari 4) mungkin tidak worth pakai pass.

      Iya betul JR TWP hanya untuk 3 hari dan berturut-turut, jadi pilihlah 3 hari di mana itinerary nya tercover TWP dan yang termahal hehe. Mana saja yang tercover bisa cek ulang di post saya di atas atau lengkapnya di website JR ya.

      Jadi hitung-hitung dulu mana yang worth pakai JR TWP.. untuk mencarui rute dan memperkirakan biaya bisa pakai www. hyperdia.com dengan meng-Google nama stasiun terdekat tempat asal dan tempat tujuan ya...

      Delete
  7. Konnichiwa.. trims yaa jawabannyaa.. membantu bgt.. mau lanjut nih nanyanya..hehe
    Berarti gini aja ya?
    Day1. Beli pass/akses:
    a.Nyampe bandara beli TWP u/ day 2-3-4 +reserve seat kereta express
    b. Beli pasmo/suica buat akses ke tokyo;shibuya;asakusa;odaiba; check in jam mulai jam18 ; ancer2 nginap skitar tokyo,shibuya, shinuju,asakusa,akihabara,harajuku,
    yoyogi,tokyo tower,skytree(pokoknya tokyo city tour dan skitarnya lah; mohon masukan bagusnya kmn aja..)
    Pemanasan biar paham jalur kereta&hunting amunisi&mkn


    Day 2-3-4 TWP kawazusakura; fuji;snow gala yuzawa
    Day5 disneysea/disneyland/universal studio? (Prefer mana ya? ; yg khas dsni bgt; mungkin yg ga ad di negara lain;)
    Akses dg pasmo/suica berkereta atau ber-Bus ria
    Day 6 bandara,balikin pasmo/suica ; ambil deposit ; flight home

    Bgmn ya? Mhon maaaf makin bnyak bertanyaaa... matur suksma pisan^^^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah planningnya udah mantap nih :)

      Utk Tokyo sudah lengkap nih planning city tour nya. Kalau sempat bisa main ke Yokohama juga loh :) atau main ke Doraemon Museum :)

      Day 5 yang hanya ada di Jepang itu Tokyo Disney Sea ya. Bisa pakai kereta. Akses bs cek di websitenya. Info saja kalau universal studio adanya di Osaka ya jauh dr Tokyo.

      Untuk akses semua tempat wisata yg akan dikunjungi, simple tinggal google dan menuju ke website resminya, masing-masing website pasti ada info akses nya (stasiun terdekat atau halte bus terdekat) untuk tahu rute nya.

      Info tambahan, suica juga bisa untuk bus dan belanja. Jadi wkt itu saya prefer suica drpada pasmo :)

      Delete
  8. Hallo, mau tanya untuk rute TWP bisa cek dmn? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Valid route bisa dibaca di postingan ini ya, sumber asli bisa dicek lagi juga di website nya JR East, tinggal google aja :)

      Delete
  9. Untuk di Tokyo only bisa beli One Day Subway pass seharga 600 yen (dewasa), 300 yen (anak) beli di kantor Tiket Metro Line warna biru.
    Lebih hemat bisa seharian putar-putar area Shibuya, Shinjuku, Ueno, Asakusa dll. Klo pake Suica (kecuali mau naik bus) seperti e-money sekali tap.. klo diitung naek subway 3x aja udah balik modal beli pass ini

    Sekali lagi tergantung itinerary, bisa dicombine dgn TWP biar lebih hemat. Karna transportasi di Jepang lumayan nguras kantong ;)

    ReplyDelete
  10. Hello.. pengalaman setelah membeli TWP, bisa kok beli tiket untuk PP di kantor yg sama pada hari yg sama. Kemarin beli di Narita sekalian PP, asalkan kita udah tahu jadwal dan hari PPnya. Kalau masih bingung, dan masih berunding, petugasnya akan suruh kita mundur lagi ke belakang buat antrian ulang, supaya gak mengganggu antrian berikutnya. Hehehe semoga bisa membantu ;)

    ReplyDelete
  11. kalo rute saya tokyo-fuji-Shirakawago-nikko-Hitachi bisakah saya memakai TWP?? mohon info apakan rute wisata saya sudah benar??

    ReplyDelete

Post a Comment