Follow me on Instagram!

Cara Beli dan Pakai JR Tokyo Wide Pass

Halo-halo semua! Akhirnya saya kembali dengan postingan baru :)

Jadi ceritanya minggu lalu saya berkesempatan liburan ke Jepang lagi, tapi kali ini ajak mami sama papi :) Seru, dan jadi tantangan tersendiri karena kali ini ajak orangtua. Liburannya 10 hari di musim semi, keliling daerah Kanto dengan memanfaatkan JR Tokyo Wide Pass. Ala-ala backpacker, jadi nggak pake jasa tour sama sekali :)

Nah, maka dari itu kali ini saya mau share pengalaman beli dan memanfaatkan JR Tokyo Wide Pass, siapa tahu berguna bagi yang mau liburan ke Jepang dan pakai pass ini juga :) Mudah kok untuk dibeli sendiri langsung di Jepang, nggak perlu booking lewat jasa tour & travel dari Indonesia juga bisa :)

Sebenernya, info lengkap tentang JR Tokyo Wide Pass sudah tersedia di website-nya JR East, tapi ada beberapa info yang tidak tercantum, mungkin memang baru bisa tahu kalau sudah beli dan pakai langsung.. Share yuk..

Jadi, apa itu JR Tokyo Wide Pass?

"The JR TOKYO Wide Pass is a discounted pass for unlimited rides in Tokyo and the surrounding Kanto area. Valid for three days, the pass is good for unlimited rides using reserved seats on ordinary cars on Shinkansen, limited express and other trains in the valid use area. The JR TOKYO Wide Pass makes it easy to visit popular tourist destinations such as Mt. Fuji, Izu and Karuizawa, GALA Yuzawa."  (dari: https://www.jreast.co.jp/e/tokyowidepass/)

JR Tokyo Wide Pass justru hanya bisa dibeli oleh pemegang paspor asing dengan visa kunjungan sementara loooh, jadi keuntungan tersendiri untuk kita para turis asing. Harganya jika dibeli di Jepang 10.000 yen (dewasa di atas 12 tahun) dan 5.000 yen (anak-anak usia 6-11 tahun) untuk penggunaan 3 hari berturut-turut. Jadi untuk ini supaya bisa maksmal pemanfaatannya, harus sudah dihitung-hitung dulu apakah dengan membeli pass ini bisa menghemat biaya perjalanan atau jangan-jangan justru sebaliknya.

Berikut VALID TRAIN ROUTES nya menurut website JR East juga :
  1. JR East Lines
  2. Tokyo Monorail
  3. Izu Kyuko Line
  4. Fujikyu Railway - setahu saya ini justru tidak termasuk kalau di JR Pass (yang bukan Tokyo Wide)
  5. Joshin Dentetsu Line
  6. Saitama New Urban Transit Line (New Shuttle) – between Omiya and the Railway Museum
  7. The entire Tokyo Waterfront Area Rapid Transit Rinkai Line
  8. The following limited express trains that directly run between the JR East lines and Tobu Railway lines: the Nikko, the SPACIA Nikko, the Kinugawa, and the SPACIA Kinugawa. Also, the local trains (including rapid trains) between Shimo-imaichi and Tobu-nikko/Kinugawa-onsen Stations.
Notes:
  1. The JR TOKYO Wide Pass is not valid on Tokaido Shinkansens and JR buses.
  2. A separate fee is required for travel outside the designated unreserved seating zone.
  3. The Hayabusa, Komachi, and GranClass are not available. For usage, payment of limited express charges and GranClass charges is required.
  4. On the Fujikyu Railway, separate tickets are required for the number 1 car of the Fujisan Express and the Fujisan View Express, and to ride the Fuji Tozan Densha.
  5. When traveling on reserved seating, please go to a Ticket Office (Midori-no-madoguchi) or a Travel Service Center at a JR East station before boarding and present this pass to obtain a (free) reserved-seat ticket. This pass itself cannot guarantee the availability of reserved seating. 
  6. You can use non-reserved seating with this pass alone. Please note, however, that some trains do not have non-reserved seating.
cek juga informasi lengkap lainnya di website JR East ya.

Nah, sekarang yang saya mau share tentang cara beli dan pakai-nya yaaa

Saya berencana memanfaatkan JR Tokyo Wide Pass ini untuk pergi ke Ushiku Daibutsu (menggunakan JR Joban Line special rapid service), Kawaguchiko (menggunakan limited express) dan Hitachi Seaside Park (menggunakan limited express) yang kalau dihitung-hitung ongkosnya sudah lebih dari 10.000 per orang jadi kalau pakai JR Tokyo Wide Pass bisa lebih hemat.

JR Tokyo Wide Pass - tampak depan

JR Tokyo Wide Pass - tampak belakang

JR Tokyo Wide Pass Usage Area

Belinya di mana?

JR Tokyo Wide Pass bisa dibeli bandara atau di stasiun JR : Narita Airport Terminal 1,2,3, Haneda Airport International Terminal, Tokyo St, Shinagawa St, Ueno St, Shinjuku St, Shibuya St, Ikebukuro St, Yokohama St, Mito St. Jam buka kantor penjualan lengkap ada di website JR East https://www.jreast.co.jp/e/tokyowidepass/ (karena masing-masing berbeda-beda jam buka dan tutup-nya, jangan lupa cek dahulu yaa)

1. Pertama ketika akan beli, datang ke kantor penjualan yang disebut di atas pada jam kantor-nya. Bilang sama petugas bahwa kamu akan beli JR Tokyo Wide Pass, jangan khawatir petugas nya bisa berbahasa Inggris semua kok, mengingat yang datang untuk beli pass pasti orang asing semua. Kalau saya karena sekalian lewat, beli-nya di kantor JR Ueno St.

2. Kamu akan dipandu untuk masuk antrian pembelian JR Tokyo Wide Pass, jangan khawatir pasti kamu akan ketemu orang-orang lain yang mau beli juga hahahaha

3. Sesampainya ke loket pelayanan bilang kamu akan  beli JR Tokyo Wide Pass, kalau saya akan beli 3 sekaligus karena untuk orangtua ya kan, jadi langsung bilang saja mau beli 3, orangtua jadi nggak usah ikut antri gak apa-apa.

4. Kamu akan langsung ditanya untuk pemakaian kapan. Nah untuk ini, sebelumnya saya sering lihat di blog-blog, katanya tanggal pertama pemakaian-nya bebas tetapi harus divalidasi dulu pas pertama pakai. Entah sudah berganti aturan atau gimana, kalau untuk saya, saya diminta langsung menyebutkan kapan pass ini akan digunakan, karena sudah memang sudah ada rencananya saya langsung sebut 24 April-26 April. Tanggal ini TIDAK DAPAT DIUBAH LAGI yaa dan pemakaian pertama-nya jadi nggak perlu divalidasi lagi. Pass kamu akan distempel: "AGREED: NO CHANGE OF THE STARTING DATE"

5. Kamu akan diminta bayar cash 10.000 yen/pass karena saya beli 3 ya 30.000 jadinya ya.

6. Kamu akan dijelaskan bahwa saat pemakaian pass ini, kamu tidak akan bisa mengguakan ticket gate otomatis di stasiun, melainkan harus melewati ticket gate yang ada petugas-nya dengan menunjukkan pass-nya ke petugas tersebut. Setiap stasiun pasti punya gate ber-petugas di sisi kiri atau kanan ticket gate otomatis kok jadi saat pass ini digunakan harus lewat sini. 

7. Kamu juga akan dijelaskan bahwa dengan JR Tokyo Wide Pass ini kamu bisa reserve tempat duduk di limited express dan atau shinkansen dengan gratis, yang aslinya harus bayar biaya tambahan untuk reserved seat. Penjelasannya kawaii, pakai Japanese-English plus ilustrasi gambar dengan teks Bahasa Inggris jadi mudah dimengerti hahaha

8. Nah, karena saya memang mau pakai limited express ke Hitachi Seaside Park dan Kawaguchiko, saya langung tanya apakah saya bisa reserve saat itu juga (sekalian gituloh ya kan), dan ternyata bisa. Kebetulan saya sudah tahu mau book yang jam berapa dan rute ke mana, saya tinggal sebut mau naik limited express apa, dari mana ke mana, dan jam berapa (pencarian rute dan timetable kereta JR juga bisa dicek lengkap di website ya) untuk ke Hitachi Seaside Park dulu. Gak ada semenit, saya langsung terima tiket untuk naik limited express TOKIWA dengan jam, rute dan tempat duduk sederet jadi berbarengan dengan orangtua. 

9. Nah, ketika saya akan reserve untuk tiket pulangnya juga sekalian, juga tiket limited express yang untuk ke Kawaguchiko, saya diberi tahu bahwa booking reserved seat hanya dibatasi satu kali di hari itu dari kantor dimana saya membeli JR Tokyo Wide Pass yaitu Ueno St. Yaah berarti harus book dari kantor lain di hari lain untuk tiket limited express pulang dari Hitachi dan tiket limited express PP Kawaguchiko :(  Eh tapi ternyata, beberapa menit kemudian diberi tahu lagi oleh petugas-nya bahwa dikarenakan semua kantor sedang crowded, rute yang saya inginkan juga crowded saya diizinkan untuk book tiket pulang dari Hitachi sekalian. Lumayaaan tersisa tiket limited express PP Kawaguchiko yang belum di book.

Cara pakainya saat hari H?

1. Kamu tinggal tunjukkan JR Tokyo Wide Pass mu di ticket gate berpetugas, istilah keren-nya kalau di kamus per JR Pass-an itu manned ticket gate.

2. Begitu lihat JR Tokyo Wide Pass kamu, kamu akan langsung dikasih lewat. Ada juga sih petugas yang minta lihat, ngecek tanggal-nya beneran valid atau nggak, sama ada yang ngasih stempel juga. Tapi intinya, tunjukkan aja JR Tokyo Wide Pass mu, dan lewat like a boss! wkwkwkwk

Selesai deh, mudah kan! Beli sendiri JR Tokyo Wide Pass langsung setelah sampai di Jepang juga bisaaa

Untuk lebih lengkapnya tentang cara book reserved seat dengan JR Tokyo Wide Pass di artikel selanjutnya yaaa. See you!

Comments