Follow me on Instagram!

Cara Booking Reserved Seat Limited Express dengan JR Tokyo Wide Pass

Halo lagi semuanya! Menyambung artikel sebelumnya tentang Cara Beli dan Pakai JR Tokyo Wide Pass, bagaimana sih cara book reserved seat limited jika kamu sudah punya JR Tokyo Wide Pass?

Gampang bangetttt loooh

Info lengkapnya lagi-lagi sebenernya sudah ada juga di website JR East https://www.jreast.co.jp/e/ , intinya saya mau share pengalaman ajaa

Step by step booking reserved seat di stasiun JR dengan JR Tokyo Wide Pass sbb:

1. Datang ke salah satu stasiun JR mana saja, dan cari JR Ticket Office alias Midori no Madoguchi, kanjinya tertulis seperti ini みどりの窓口. Saya sudah pernah-nya ke JR Ticket Office alias Midori no Madoguchi yang di Ueno St, Shinjuku St, dan Akihabara St. Maisng-masing JR Ticket Office punya jam buka dan tutup yang berbeda-beda untuk tiap stasiun, kamu bisa cek di halaman ini:


Semua JR Ticket Office punya logo seperti di bawah ini, jadi mudah ditemukan:


JR Ticket Office alias Midori no Madoguchi

Perlu diperhatikan, untuk di stasiun besar yang gate nya banyak, kadang JR Ticket Office ini letaknya di dekat salah satu gate tertentu, jadi kalau bingung lebih baik tanya petugas letaknya ada di mana. Kalau kamu ketemu gate yang tepat, untuk ke JR Ticket Office ini tentunya tidak perlu masuk melewati gate. Posisinya ada di luar di dekat-dekat ticket machine, sebelum ticket gate otomatis.

2. Kalau sudah ketemu, antri saja dan ketika sudah di counter pelayanan, bilang saja mau reserve tiket limited express, tunjukkan kalau kamu sudah punya JR Tokyo Wide Pass (jadi reservasi gratis), sebutkan nama kereta-nya, stasiun keberangkatan dan tujuan, dan mau yang jam berapa. Jadi, ada baiknya kamu sudah cari tahu dulu. Sebetulnya bisa sih konsultasi rute dan jam di counter tsb, tapi dengan Bahasa Jepang yang terbatas agak sulit. Seperti yang sudah disebutkan, untuk mencari rute dan timetable juga sudah tersedia lengkap di website JR East dan sudah tersedia halaman berbahasa Inggrisnya. 

Tips: sebagai alat bantu, kamu bisa gunakan kertas dan pena untuk menuliskan data-data yang diperlukan untuk reservasi (tanggal, nama stasiun, jam yang diinginkan, dll) untuk mempermudah komunikasi dengan petugas kantor/stasiun, terutama dengan yang tidak mahir berbahasa Inggris.

3. Kalau sudah, gak sampai semenit kamu akan menerima reserved seat ticket yang kamu inginkan. Ada baiknya book sebelum hari H, agar memperbesar peluang kamu dapat sesuai jadwal dan tempat duduk yang diinginkan, karena ada kalanya di masa-masa peak jadwal dan tempat duduk sudah habis dipesan. 

Reserved Seat Ticket

Resererved Seat Ticket akan memuat nama stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, jam keberangkatan, jam sampai, nama kereta, nomor gerbong, dan nomor tempat duduk, pada gambar berturut-turut : Ueno St, Katsuta St, Arp 25, 7:30, 8:54, TOKIWA51, Car-4, Seat 5-B. Semua informasi ini akan menjadi panduan kita dalam menemukan peron dan menemukan posisi antri sebelum naik ke kereta limited express yang dimaksud. 

Selanjutnya, tinggal menunggu waktu keberangkatan deh! 

Comments