Follow me on Instagram!

One Day Trip ke Hakone dari Tokyo (Pulang-Pergi) dengan Hakone Free Pass

Halo! Di artikel hari ini, saya mau sharing tentang perjalanan satu hari saya ke Hakone dari Tokyo, semoga bermanfaat buat yang lagi merencanakan perjalanan ke Hakone dari Tokyo di tengah-tengah itinerary yang sudah padat dan waktu yang terbatas, jadi pulang hari dari dan ke Tokyo, nggak pake nginep di Hakone.

Satu tips dari saya, karena Hakone itu juga merupakan salah satu tempat di mana kita bisa melihat Fuji-san, ada baiknya sebelum merencanakan untuk pergi ke Hakone kamu cek dulu ramalan cuaca-nya ya! Kalau memang bisa pergilah di hari yang ramalan-nya sunny alias cerah dan tidak cloudy alias berawan. Kata orang-orang, untuk bisa melihat Fuji-san itu perlu keberuntungan, meskipun cerah bisa saja Fuji-san tidak terlihat. Tapi tidak ada salahnya kan, kalau kita usahakan supaya peluang untuk bisa melihat Fuji-san lebih besar.

Karena cek ramalan cuaca cerah di hari Sabtu, akhirnya saya pergi di hari Sabtu, 21 April 2018. Sebenarnya ingin menghindari untuk pergi ke Hakone di weekend, karena takut crowded. Tapi karena ramalan cuaca berkata demikian, ya sudahlah, karena saya pengen banget lihat Fuji-san. Berangkat lebih awal juga lebih baik.


Gunung Fuji tampak dari Hakone, mission completed!

Oh iya, dalam perjalanan ini saya juga memanfaatkan Hakone Free Pass, banyak yang bilang ini worth to buy banget. Tersedia untuk 2 hari atau 3 hari, tentunya saya beli yang untuk 2 hari karena cuma akan dipakai 1 hari. Rugi? Tidak. Beli Hakone Free Pass untuk 2 hari masih lebih hemat daripada tanpa Hakone Free Pass untuk 1 hari looh. Jadi, buat kamu yang bahkan berencana menginap dan mengeksplor Hakone lebih lama lagi, Hakone Free Pass lebih worth to buy lagi.

Info selengkapnya tentang Hakone Free Pass, termasuk perbandingan harga dengan tiket biasa, dll. bisa di cek sini ya: https://www.odakyu.jp/english/passes/hakone/  juga disini https://www.hakonenavi.jp/english/freepass/, sedangkan cara belinya bisa di cek disini: http://www.odakyu.jp/english/traffic/howto/ticket/

Nah, dalam merencanakan perjalanan ke Hakone ini, saya sangat terbantu oleh website ini loh https://www.hakonenavi.jp/english/. Disini ada info lengkap seputar Hakone Free Pass, dan tempat-tempat wisata di Hakone beserta alat transportasi untuk mencapainya. Jangan lupa cek ya!


Coverage area Hakone Free Pass,
dari https://www.hakonenavi.jp/english/freepass/

Jadi, kira-kira beginilah itinerary saya waktu akan melakukan one-day-trip ke Hakone dari Tokyo :

06:30 - 07:30
Saya berangkat dari tempat menginap ke JR Shinjuku St.

07:30-08:30 
Sarapan di stasiun, sambil langsung cari Odakyu Line, karena transportasi ke Hakone termasuk Hakone Free Pass dikelola oleh perusahaan Odakyu. Setelah ketemu, langsung beli Hakone Free Pass di mesin tiket. Saya beli yang untuk 2 hari, harganya 5140 yen. Ini sudah mencakup tiket pulang pergi dari Shinjuku ke Odawara, juga mencakup transportasi ke daerah wisata yang akan kita kunjungi di Hakone. Setelah mengantongi Hakone Free Pass, langsung cari peron untuk naik kereta Odakyu Line sampai ke Odawara St. 

Curcol : jadi ceritanya waktu itu sempet kebingungan naik dari mana karena di papan jadwal kereta belum kelihatan ada yang tujuan Odawara St. Lalu bertanya-lah saya ke petugas dengan Bahasa Jepang seadanya hahaha, ternyata memang untuk kereta yang langsung ke Odawara St dari Shinjuku St belum ada lagi, masih sekitar 45 menit-an lagi. Lalu saya diberitahu untuk naik saja kereta yang akan segera datang (tujuan Katase-Enoshima), tapi turun di Sagami-Oono St. Dari Sagami-Oono St baru naik lagi kereta yang ke Odawara St. Untunglah saya ngerti Bahasa Jepang sedikit-sedikit hahaha. Salahnya saya nggak ngecek jadwal kereta yang langsung ke Odawara St dulu, kalau dapat yang langsung kan lumayan nggak perlu pindah-pindah kereta hehehe

09:00-10:30
Akhirnya saya naik kereta yang lewat duluan, turun di Sagami-Oono St, sambung lagi ke Odawara. Dari Odawara St sambung lagi ke Hakone Yumoto St. All hail ramalan cuaca, Fuji-san kelihatan jelas dari kaca jendela kereta menuju ke Odawara St. Senengnya bukan main!

10:30 - 11:30
Begitu bubaran kereta di Hakone Yumoto St, kita akan langsung melihat petunjuk di mana kita bisa ngantri untuk naik Hakone Tozan Train. Disinilah keramaian weekend di Hakone mulai terlihat. Karena keretanya kecil, jadi terasa penuhnya. Saya pun naik untuk menuju ke Gora St (total 6 stasiun, kurang lebih 45 menit), nggak dapet duduk hiks. Dari Hakone Tozan Train ini kamu mulai bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan, jalur keretanya menanjak makin tinggi juga ada rel-nya yang zigzag. Pastinya harus experience ini kalo ke Hakone!

11:30 - 12:30
Sesampainya di Gora St, sudah agak siang. Biar jalan-jalannya lebih nyaman, saya keluar stasiun dan makan dulu di dekat Gora St. Tepat di luar stasiun ada sebuah rumah makan bergaya Jepang yang dikelola oleh pasangan kakek-nenek dan anaknya. Harga makanan berkisar antara 650 yen - 900 yen.



Restoran kecil bergaya Jepang di dekat Gora St

Oyako-don

Miso ramen


12:30 - 13:00
Setelah makan siang, saya langsung masuk Gora St lagi dan mengikuti petunjuk arah untuk ngantri naik Hakone Tozan Cable Car, tinggal tunjukkan saja Hakone Free Pass-mu ke petugas. Tujuannya ke Sounzan St. Total perjalanan dengan cable car ini 10 menit, menanjak lagi ke tempat yang lebih tinggi. 

13:00 - 13:30
Setelah bubaran cable car, saya langsung mencari petunjuk arah untuk naik Hakone Ropeway ke Owakudani. Owakudani ini salah satu tempat paling iconic di Hakone. Ada kawah belerang, dan kamu bisa lihat Fuji-san dari sini. Ikuti saja petunjuk dan ikuti saja keramaian hahaha, kamu akan sampai ke tempat antri untuk naik ropeway. Kamu juga akan melihat ada papan pengumuman yang memberi informasi tentang kondisi kawah dan kenampakan Fuji-san. Waktu itu kedua-nya dikatakan dalam kondisi bagus untuk bisa dilihat. Yeay! Tinggal tunjukkan lagi Hakone Free Pass-mu dan kamu bisa naik ropeway.

Menurut saya, Hakone Ropeway ini mode transportasi yang paling WOW di Hakone. Kamu akan merasakan sensasi digantung di tempat tinggi, semakin naik, dengan pemandangan indah di luar ropeway yang bikin nahan napas. Plus kamu bisa lihat Fuji-san dari dalam kereta gantung ini. Kita juga akan dibawa melewati bagian atas kawah Owakudani.


Sesaat sebelum naik Hakone Ropeway

Fuji-san, tampak dari dalam kereta gantung

Owakudani, tampak dari dalam kereta gantung

Pemandangan dari Hakone Ropeway


13:30-15:00
Saya menghabiskan waktu agak lama di Owakudani. Sesampainya di sini, kita akan disuguhi pemandangan kawah yang luar biasa. Kamu bisa lihat dalamnya kawah yang aktif mengeluarkan uap belerang dari dekat. Megah banget!



Owakudani

Wefie di dekat Owakudani


Sekalian jajan sore, beli telur rebus yang harus banget beli kalo ke Owakudani. Yesss, kurotamago 黒卵. Katanya makan satu butir telur ini bisa nambah umur 7 tahun hehehehe. Saya akhirnya beli 1 bungkus isi 5, harganya 500 yen. Antrian untuk beli telurnya panjanggggg. Dan di Owakudani ini rameeee bangettttt. Kerasa banget deh weekend nya. Banyak rombongan turis asing, juga turis Jepang, dan rombongan anak sekolahan Jepang. Belanja oleh-oleh dari Hakone saya putuskan di Owakudani ini, karena banyak yang khas-nya. Banyak limited item yang hanya dijual di Owakudani, kebanyakan bertema telur hitam sih hahaha.


Hello Kitty X Owakudani

Kurotamago


Spot untuk foto Fuji-san juga paling bagus di Owakudani ini. Jadi ceritanya, di spot foto yang paling jadi rebutan di Owakudani, ada free photo service nya looh. Jangan disia-siakan hahaha. Langsung saja antri. Petugas akan ambilkan foto kamu dengan kamera dia, juga sekalian dengan kamera kamu. Nah untuk free photo service ini, mereka akan langsung cetak fotonya dan tawarkan ke kamu seharga 1100 yen, tapi jangan khawatir, kalau kamu nggak mau juga nggak apa-apa. Berhubung orangtua saya iba hati, mereka nggak tega dan akhirnya beli. Hitung-hitung untuk kenang-kenangan. Diberi frame yang bagus juga sama mereka fotonya. Dari area parkir, kamu juga bisa ambil foto dari Fuji-san secara lebih dekat.

Must take photo di Owakudani

Foto Fuji-san dari area parkir di Owakudani

15:00-15:30
Selesai dari Owakudani, saya naik Hakone Ropeway lagi dengan tujuan berbeda yaitu Togendai Port untuk naik Hakone Cruise. Seperti biasa, ikut saja petunjuk, langsung antri dan tinggal menunjukkan Hakone Free Pass saja. Lagi-lagi disuguhkan pemandangan indah Lake Ashi dari ketinggian yang WOW.


Babeh menikmati pemandangan dari kereta gantung

Anak muka gak kontrol karena ngeri-ngeri takjub


15:30-16:10
Sesampainya di Togendai Port, seperti biasa saya langsung mengikuti petunjuk untuk ke tempat antri naik Hakone Sightseeing Cruise ke Motohakone Port. Tidak lama kemudian, saya langsung bisa naik ke perahu. Total perjalanan dengan Hakone Sightseeing Cruise sekitar 30 menit, untuk menikmati pemandangan indah di sepanjang Lake Ashi.


Hakone Sightseeing Cruise di Togendai Port

Lake Ashi dari Hakone Sightseeing Cruise


16:30-17:30
Sesampainya di Motohakone Port, saya langsung menuju bus stop untuk naik Hakone Tozan Bus kembali ke Hakone Yumoto St. Ini juga tercover Hakone Free Pass ya. Tadinya masih mau mampir ke Hakone Shrine, turun di Hakone Jinja Iriguchi Bus Stop sebelum ke Hakone Yumoto St (tapi harus cari rute bus yang memang lewat ke Hakone Shrine), gak jadi.. Berhubung ortu sudah puas dan lelah jadi langsung tunggu di bus stop untuk naik bus langsung ke Hakone Yumoto St.

17:30-20:00
Dari Hakone Yumoto St, langsung cari kereta ke Odakyu Odawara St. Dari Odakyu Odawara St langsung cari lagi kereta ke JR Shinjuku St. Semua masih tercover Hakone Free Pass.

Selesai deh jalan-jalan ke Hakone di hari itu. Lumayan puas dan sudah mewakili tempat-tempat wajib dikunjungi di Hakone. Kalau teman-teman berkesempatan ke Hakone lebih lama, bisa juga mengeksplor ada apa saja di sekitar masing-masing stasiun. Di Gora saja misalnya, banyak penginapan bergaya tradisional Jepang dengan onsen sebagai daya tariknya.

Okee sampai disini dulu yah!

Comments