Follow me on Instagram!

[Review] Sewa Portable Modem Wifi di Passpod.id untuk ke Jepang

Halo-halo! Di kesempatan ini saya akan mereview tentang portable wifi dari Passpod.id

Jadi ceritanya, waktu jalan-jalan ke Jepang ala backpacker sama orangtua kemarin, sewa portable modem wifi jadi salah satu hal yang esensial. Koneksi internet berguna banget buat nyari jalan, nyari rute, terjemahan, nyari rekomendasi tempat makan, dsb.

Awalnya saya tahu Passpod.id dari promosi di Instagram. Katanya ada paket promo sewa portable modem wifi ke Jepang untuk 5 hari cuma Rp 275.000,00 saja. Wah, lumayan terjangkau nih. Karena saya perlu untuk 10 hari, jadinya cuma Rp 550.000,00. Biaya depositnya juga lebih terjangkau dari tempat penyewaan lain, hanya Rp 500.000,00 saja dan akan dikembalikan 3 hari setelah modem dikembalikan.

Akhirnya saya iseng tanya-tanya lewat DM di Instagram. Responnya cepat kalau ada pertanyaan.  Malam-malam pun tetap direspon. Sering lihat endorse dari beberapa blogger juga, nggak cuma untuk di Jepang tapi juga di negara lain. Saya juga lihat kalau Passpod.id ini ikut jadi pengisi acara salah satu Japan Travel Fair juga. Dari info di Instagram dan website-nya juga ada info nomor WhatsApp yang bisa dihubungi, responnya juga relatif cepat dan melayani hingga jam 11 malam. Wah, oke nih pikirku. Admin-nya sih menyarankan saya mulai book dari sebulan sebelum keberangkatan. Setelah semedi dan merenungi akhirnya mantap mau sewa portable modem wifi dari Passpod.id aja buat ke Jepang ini.

Portable modem wifi dari Passpod.id

Gimana cara sewa-nya?

1. Masuk ke website Passpod.id, dari "Beranda" kamu bisa langsung book dari website. Isi data, pilihan tempat penerimaan modem juga pilihan tempat pengembaliannya. Karena saya nggak mau mepet-mepet berangkat baru terima modem, saya pilih opsi modem dikirim ke alamat rumah, tapi pengembaliannya langsung di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

2. Pilih opsi pembayarannya ketika book via website dan klik "Bayar Sekarang". Tidak lama kemudian saya terima email berisi recap-an data pemesanan, juga biaya yang harus dibayar. Saya pun langsung bayar via transfer. Setelah transfer ini saya sempat agak bingung, bagaimana cara konfirmasi-nya. Akhirnya saya hubungi kontak admin via WhatsApp dan DM Instagram juga, saya kirim juga screenshot bukti transfer-nya. Trus di OK-in sama admin-nya.

Email yang diterima setelah pemesanan via website

3. Besok paginya, barulah saya dapat email konfirmasi dari Passpod.id bahwa pembayaran telah diterima. Oke lega. Saya konfirmasi lagi ke admin di WhatsApp katanya akan dikirim 4 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Konfirmasi pembayaran diterima

4. Sekitar H-4 keberangkatan, saya coba kontak admin WhatsApp lagi untuk tanya apakah modem saya sudah masuk proses pengiriman. Katanya sih, "Besok dikirim ya Kak". Saya sempat complaint, kok saya nggak terima notifikasi email kalau sudah mau dikirim (karena di email sebelumnya diberi tahu akan dapat email kalau modem sudah proses kirim) hehehe. Besoknya modem sampai di rumah. Dikemas rapi dengan bubble wrap juga. Puji Tuhan urusan sewa modem beres, tinggal dibawa aja ke Jepang. Kelengkapan modem yang saya terima adalah sebagai berikut :

  • Modem tipe powerbank, kondisi baterai full
  • Charger
  • Case 
  • Tanda terima modem
  • Panduan cara menggunakan-nya, juga diberi tahu lagi nomor Whatsapp untuk technical support

5. Modem saya bawa ke Jepang, dan langsung bisa digunakan. Internetan lancar, baterai-nya juga lumayan tahan lama, dipakai seharian nggak pernah kehabisan di jalan. Recommended!


Pengembalian

Begitu tiba kembali di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, saya langsung cari-cari di mana counter pengembalian Passpod.id. Saya pun berkeliling cari-cari dan tanya-tanya sambil tunggu pesan di WhatsApp saya dibalas oleh admin. Anehnya, nggak ada yang tahu soal Passpod.id di Terminal 3 Soetta.

Setelah beberapa lama, akhirnya pesan saya dibalas, dan baru tahu kalau ternyata Passpod.id belum ada counter di bandara. Pengambilan/pengembalian di bandara = janjian ketemu dengan staf Passpod.id . Oleh admin technical support saya diberi nomor staf bandara-nya mereka. Akhirnya, berhasil kontak dan ketemuan. Modem yang saya kembalikan dicek kelengkapan-nya (kayaknya Mbak-nya lagi terburu-buru banget waktu itu) lalu difoto. Fotonya blurrrrr parah hahaha, terus dikirim ke nomor saya dengan caption "Oke diterima oleh XXXX (nama Mbak-nya)". Katanya pengembalian deposit akan ditransfer ke rekening kita dalam 3 hari. Kemudian Mbak-nya langsung lari-lari ke tempat lain lagi.

3 hari setelah modem dikembalikan, saya terima email lagi dari Passpod.id.


Konfirmasi refund uang deposit

Jadi ternyata, setelah dapat email ini masih tunggu 3 hari lagi. Jadi refund benar-benar diterima di rekening kita 6 hari kemudian setelah modem dikembalikan.

Sooo, berikut ringkasan plus minus-nya sewa portable modem wifi di Passpod.id untuk di Jepang versi saya yaa :

PLUS

  • Harga relatif lebih terjangkau
  • Respon admin di Instagram, juga technical support di Whatsapp cepat, juga melayani di hari Sabtu dan malam hari
  • Modem dikirim dengan pengemasan yang rapi, dapat pinjaman case, juga baterai sudah full
  • Proses penyewaan via website mudah dan cepat, dengan konfirmasi email
  • Memberi pilihan untuk dikirim ke rumah tanpa tambahan biaya kirim atau diambil di bandara saat keberangkatan / kepulangan
  • Cara pakai modem mudah, langsung dapat digunakan, sinyal lancar tanpa masalah dalam penggunaan

MINUS
  • Ketika sudah waktunya modem dikirim ke alamat rumah, tidak ada konfirmasi lewat email padahal saat konfirmasi pembayaran dikatakan akan diberi kabar lewat email kalau modem akan dikirim
  • Tidak ada keterangan yang jelas di website atau akun media sosial tentang prosedur pengambilan dan pengembalian langsung di bandara, tidak ada informasi bahwa ternyata pengambilan dan pengembalian di bandara dengan sistem 'janjian' dengan staf. Di website atau akun media sosial hanya tertulis : bisa mengambil dan mengembalikan langsung di bandara Soetta Terminal 2 dan Terminal 3
  • Pengembalian deposit yang seharusnya 3 hari setelah pengembalian, real-nya 6 hari

Overal recommended! Mau sewa untuk kali kedua? Mau dong.. Semoga Passpod.id makin sukses, dan makin oke sistem-nya!



Comments

  1. makin mantep nih mau sewa dr passpod :)... rencana untuk ke jepang nanti aku jg mau sewa di sini mba... btw, kemarin itu dipake rame2 juga ya modemnya? seharian sampe malam berarti kuat ya mba.. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Fanny, maaf baru respon nih :) waah mau ke jepang pas musim apa, nih? asiknyaa. iya kemarin sih saya pake ber3, ga rame2 amat sih, soalnya pergi sama orangtua, ga gitu banyak pake internet juga, yang banyak pake saya hehe. tapi pengalaman kemarin sih baterai nya kuat dan internetnya juga lancar hehe :) semoga artikelnya bermanfaat

      Delete

Post a Comment