Follow me on Instagram!

One Day Trip ke Ushiku Daibutsu, Patung Buddha Raksasa dari Ushiku, Ibaraki, Jepang

Halo! Kali ini saya mau bercerita tentang perjalanan saya ke Ushiku Daibutsu di kota Ushiku, Prefektur Ibaraki, Jepang. Dulu waktu ikut pertukaran pelajar di Tsukuba, saya belum sempat kesini nih, padahal Ushiku terletak di sebelah tenggara Tsukuba. Kalau kali ini, saya perginya dari Tokyo, dan menggunakan JR Tokyo Wide Pass. 

Ushiku Daibutsu 牛久大仏 (terj. The Great Buddha of Ushiku) sempat tercatat dalam Guiness Book of Records sebagai patung perunggu Buddha tertinggi di dunia dengan tinggi 120m, dan tentunya menjadi yang tertinggi di Jepang. Saat ini patung Buddha Ushiku termasuk dalam jajaran 3 patung tertinggi di dunia. Ushiku Daibutsu  sudah selesai dibangun di tahun 1993, tapi sayang masih kurang populer di kalangan turis, padahal tempatnya indah banget menurut saya. Papi dan mami juga terkagum-kagum waktu saya ajak ke sini. Waktu ke sana juga bareng-nya sama oma-oma dan opa-opa Jepang nih hahaha. Selain patung Buddha raksasa, di sini kita juga bisa nyantai-nyantai di taman-nya dan main-main di small petting zoo yang ada di sana. Asyik loh!

The Great Buddha of Ushiku

Ini offcial website Ushiku Daibutsu : daibutu.net. Info lengkap seputar Ushiku Daibutsu bisa di cek juga di sini yaa.

Akses dari Tokyo 

1. Naik JR Joban Line dari JR Ueno St ke JR Ushiku St. Lamanya sekitar 45 menit, sekali jalan ongkosnya 840 yen. Jalur ini tercover JR Tokyo Wide Pass.

2. Begitu sampai JR Ushiku St, kamu akan langsung lihat poster Ushiku Daibutsu di mana-mana di stasiun. Keluar dari stasiun di East Exit, langsung cari bus stop nomor 2 di terminal bus Ushiku. 

3. Naik bus Kantetsu (Kantou Tetsudou 関東鉄道) di bus stop nomor 2 (cek jadwal-nya di bus stop) turun di halte Ushiku Daibutsu 牛久大仏. Lamanya sekitar 30 menit, sekali jalan ongkosnya 680 yen. Dari halte ke TKP tinggal nyebrang aja, patung Buddha yang super besar itu udah langsung kelihatan. Pulangnya dari halte yang sama.

Pintu masuk Ushiku Daibutsu

Bus Kantetsu menuju Ushiku Daibutsu

Jadwal bus di halte Ushiku Daibutsu

Setelah Pintu Masuk

Begitu sampai di pintu masuk, beli tiket dulu yaa. Saya sih beli tiket masuk yang harganya 800 yen, karena saya mau masuk ke dalam patung Buddha-nya (iyaa dong sayang kalau nggak masuk). Begitu masuk, kita akan langsung melihat kepala patung Buddha besar dan photo spot yang lucu hahaha

Kepala patung Buddha di dekat pintu masuk

BTW si babeh pose tangannya salah tuh! hahaha

Setelah masuk, ikuti saja jalan menuju pintu masuk patung Buddha-nya. Sambil berjalan menuju patung Buddha, kita akan disuguhi pemandangan yang asri. Patung Buddha-nya gede banget dan saya merasa jadi kecil banget hahaha

Jalan menuju patung Buddha

Di Dalam Patung Buddha

Masuk ke dalam patung Buddha melalui pintu masuk yang tersedia, tunjukkan tiket yang sudah kita beli. Kita juga akan diminta untuk melepas sepatu sebelum masuk ke dalam. Sudah disediakan kantong kresek (literally) untuk membawa sepatu selama di dalam. 

Begitu masuk ke area pertama, seorang staff akan mengucapkan salam dan lampu akan dimatikan. Gelap gulita, dan kita akan mendengar narasi singkat tentang perjalanan Buddha (dalam Bahasa Jepang tentunya). Setelah narasi singkat selesai, dalam kondisi ruangan yang masih gelap gulita, di depan kita akan tampak patung Buddha kecil yang diberi lampu warna-warni. Serasa masuk ke dunia lain.... sungguh suatu perasaan menenangkan yang unik, apalagi dengan adanya musik latar yang diputarkan. Setelah itu lampu akan menjadi lebih terang, dan kita bisa memulai 'petualangan' kita di dalam patung Buddha raksasa.

Di dalam, kita akan dibawa naik ke lantai yang lebih tinggi secara bertahap dengan menggunakan lift. Lift akan membuka ketika ada pengunjung yang akan naik, dan di dalamnya sudah ada staff yang akan memberikan penjelasan.

Di dalam, kita bisa tahu tentang sejarah pembangunan dan bagaimana perawatan Ushiku Daibutsu ini. 

Kaleidoskop pembangunan Ushiku Daibutsu

Pembersihan Ushiku Daibutsu

Replika 1:1 jempol kaki (iya jempol kaki) Ushiku Daibutsu (160 cm)

Setelah itu, akan dibawa naik sampai ke bagian dada dari patung Buddha ini.  Dari sini kita bisa mengintip ke bagian luar melalui jendela kaca kecil yang ada. Jika hari cerah, katanya Tokyo Skytree bisa kelihatan loh! Setiap kali kita naik, selalu ada staff yang akan menjelasakan di dalam lift.

Selanjutnya, kita akan turun ke area yang disebut Lotus Sanctuary. Di sini area yang paling wow menurut saya. Saya nggak ngitung sih, tapi katanya ada lebih dari 3000 patung Buddha kecil di ruangan yang melingkar ini! Tertulis nama di masing-masing patung Buddha kecil tersebut. 

Lotus Sanctuary

Lebih dari 3000 patung Buddha?!

Area Taman

Selain masuk ke dalam patung Buddha raksasa, di sini kamu juga bisa bersantai-santai di area taman-nya. Patung Buddha raksasa ini dikelilingi area taman yang katanya seluas 2 kilometer persegi. Bisa sebagai tempat foto-foto atau sekedar beristirahat sebentar sambil menikmati pemandangan yang asri loh. 








Petting Zoo

Tidak hanya itu, di area Ushiku Daibutsu ini juga ada petting zoo di mana kita bisa bermain-main dengan hewan kecil seperti kelinci, marmut, chinchilla, dan lain-lain. Ada juga panggung kecil yang menyajikan pertunjukkan hewan gratis pada jam-jam tertentu.




Kebun kelinci

Mama dan baby kambing

Mini stage

Tempat Makan dan Tempat Belanja Oleh-oleh

Jangan khawatir, di area Ushiku Daibutsu ini juga ada kantinnya kok. Ada satu kantin self-service di dekat pintu masuk/keluar, nyaman dan pilihan menunya bervariasi. Pilih menunya di mesin, lalu bayar, dan kita akan dapat semacam tiket gitu. Tiketnya tinggal kita serahkan ke staff-nya dan nggak lama makanan pesanan kita bisa diambil. Makan siang saya waktu itu sih nasi katsu nih hehehe. Untuk harga 700-900an yen sudah dapat lunch set dan minumnya bisa ambil gratis juga. Setelah selesai piring kotor dll nya kita kembalikan lagi ke tempat yang telah tersedia.

Untuk tempat belanja oleh-oleh juga ada, letaknya di samping area parkir. Ada sekitar 8 toko oleh-oleh yang menjual berbagai item-item bertemakan Ushiku Daibutsu, antara lain kue, makanan ringan, teh, gantungan kunci, tas, baju, dan lain-lain. Pokoknya lengkap deh!

Lunch set nasi + katsu, yummy!

Jadi, kalau temen-temen lagi ada di sekitar Tokyo ataupun Ibaraki, boleh banget nih mampir ke Ushiku Daibutsu! Ayoo tunggu apa lagi!

See you on the next post!



Comments