Follow me on Instagram!

Gotokuji, Kuil Kucing Keberuntungan

Hai hai! Di artikel hari ini saya mau cerita tentang Kuil Gotokuji di area Setagaya, Tokyo nih. Ada yang sudah pernah kesana?

Mungkin belum banyak orang yang menjadikan Kuil Gotokuji ini sebagai tempat tujuan wisata ya, padahal sebenarnya tempat ini cukup unik loooh. Bisa jadi salah satu tempat getaway dari hiruk pikuknya Tokyo hahaha. Saya sendiri tahu karena kebetulan lihat iklan gitu saat nonton NHK World. Komplek kuil ini ada di dalam area perumahan gitu, iya, perumahan. Kuilnya ada beberapa, tapi salah satu yang paling unik adalah kuil kucing keberuntungan alias maneki neko-nya. Uniknya di mana? Di kuil ini, ada ratusan patung maneki neko dari yang berukuran besar sampai yang kecil-kecil seperti ini nihhhhh


Ratusan patung maneki neko di Gotokuji

Orang-orang lokal datang ke sini untuk berdoa. Ada juga sih fotografer yang datang untuk mengambil foto. Turis asing yang datang untuk selfie juga ada, salah satunya saya hahaha. Tapi harus tetap sopan ya, soalnya bagaimanapun ini tempat untuk berdoa. Waktu ke sini saya sempat bertemu dengan orang Jepang yang baru saja membeli sebuah patung maneki neko kecil, dan sedang memilih-milih tempat di mana dia akan meletakkan patung maneki neko miliknya. Rupanya inilah kenapa bisa ada ratusan patung maneki neko di kuil ini.

Legenda Maneki Neko (dari : petfinder)

Kisah tentang maneki neko ini menurut saya sangat menarik, bagaimana bisa kucing yang berpose memanggil-manggil dengan kaki depannya ini menjadi simbol keberuntungan yang begitu populer di Jepang? Ada banyak sekali versi cerita tentang kucing pembawa keberuntungan ini, tapi ada satu cerita yang konon dikenal beredar di sekitar Gotokuji. Maneki neko sendiri populer di sekitar awal abad ke-18.

Alkisah pada abad ke-17 (sekitar akhir zaman Edo), Edo (sekarang Tokyo) dilanda kelaparan. Meskipun demikian, ada seorang pendeta di kuil yang tetap membagi makanan yang ia miliki untuk kucingnya. Suatu hari ada seorang kaya yang terjebak dalam badai dan ia pun berlindung di bawah pohon besar di dekat kuil. Ketika orang kaya itu sedang menunggu badai mereda, ia melihat bahwa ada seekor kucing yang memanggil-manggil dirinya untuk masuk ke dalam gerbang kuil. Ia pun heran dan mendekati si kucing untuk melihat lebih dekat. Setelah ia meninggalkan pohon tempatnya berteduh, pohon itu tersambar petir. Orang kaya itu selamat dari sambaran petir. Setelah itu, orang kaya itu pun menjadi teman dengan pendeta. Sejak itu kuil pun menjadi berkecukupan. Pendeta dan kucingnya tidak pernah kelaparan lagi.

Konon ketika kucing itu mati, ia dikuburkan di area Gotokuji dengan penuh cinta dan penghormatan. Patung maneki neko pun dibuat sebagai penghormatan terhadap kucing pembawa keberuntungan itu.

Akses ke Gotokuji

1. Dari JR Shibuya St, naik kereta Tokyu Den-en Toshi Line tujuan Chuo-Rinkan, lalu turun di Sangenjaya St.

Sangenjaya St

2. Dari Sangenjaya St, sambung kereta Tokyu Setagaya Line tujuan Shimo-Takaido, lalu turun di Miyanosaka St. Untuk yang ini, keretanya unik loh teman-teman. Keretanya lebih kecil, kursi di dalamnya juga sedikit. Stasiun yang dilewati juga tidak ada bangunannya, hanya berupa peron saja. Sepanjang perjalanan kamu akan melihat rumah-rumah warga di sisi kiri dan kanan, seolah-olah terasa seperti keretanya menerobos masuk perumahan melewati hamparan rerumputan. Menjadi suatu pengalaman tersendiri nih!

Gambar dari Google Map

Gambar dari Google Map

3. Dari Miyanosaka St, jalan kaki sekitar 5 menit ke area Gotokuji. Setelah exit Miyanosaka St sebenarnya akan langsung terlihat ada papan petunjuk jalan "Gotokuji 250m", untuk mempercepat saya pakai Google Map sih tapi hahaha. Kamu akan benar-benar menyusuri daerah perumahan warga dan sampai di area Gotokuji ketika sudah melihat gerbang ini. Area Gotokuji ini nggak ada jam buka-nya ya, selalu buka. Dan, masuknya gratis juga.

Wefie dulu

Begitu masuk melewati gerbang, kamu akan berada di aula ini.

Babeh minta difoto

Eh ada yang lagi ngerjain tugas sekolah nangkep serangga tuh! hehe

Di sekeliling aula ini, ada kuil-kuil berbeda. Sempat bingung di mana kuil maneki neko-nya. Kalau dari aula ini saja tidak kelihatan ada dimana.

Bukan yang ini

Ini juga bukan

Bukan yang ini juga, ini hanya tempat beli patung kucing-nya, dupa untuk berdoa, dll.

Ternyata, kuil maneki neko-nya memang agak tersembunyi. Setelah ditelusuri ke semua area sampai ke sudut-sudut, akhirnya ketemu. Kuil maneki neko ini adanya di sudut di seberang tempat beli patung kucing-nya. Serasa nemuin harta karun!! (lebay)









Saya coba rekam video-nya juga karena terlalu terpesona hahahahaha


Sebelum pulang, saya sempatkan untuk foto-foto di sekitar aula juga. View-nya bagus dengan taman bergaya Jepang banget gitu deh.




Okaaaay sekian dulu jalan-jalan hari ini yaaa. Kalau lagi di Tokyo ayo mampir ke Gotokuj, bagus loh! Sampai jumpa di artikel selanjutnyaa!!

Comments