Follow me on Instagram!

[TIPS] Perlu atau Tidak Beli JR Pass saat Travelling ke Jepang ?????

Berhubung banyak banget yang tanya soal perlu atau tidak sih beli JR Pass kalau mau jalan-jalan ke Jepang, saya mau buat artikel juga ah... Jadi gini, beli JR Pass tidak selalu membuat ongkos-mu lebih hemat loh. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum beli JR Pass. Mari saya rangkum pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan kepada saya terkait JR Pass. 

1. Apa JR Pass itu?
JR Pass itu semacam tiket terusan yang dalam hari dan harga tertentu bisa digunakan untuk naik alat transportasi milik perusahaan Japan Railways (JR) sepuasnya, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

2. Perlukah beli JR Pass kalau mau jalan-jalan ke Jepang?
TIDAK SELALU PERLU JR PASS YA, tergantung tujuan dan mode transportasi apa yang akan banyak dipakai.

3. Memangnya JR Pass tidak mencakup semua?
JR Pass hanya meng-cover ongkos kereta dan bus yang dikelola/bekerja sama dengan perusahaan Japan Railway (JR) saja, serta kereta dan atau alat transportasi non-JR tertentu yang bekerja sama dengan JR.

4. Memangnya kereta dan bus di Jepang ada berapa macam sih?
Banyak banget. Ada kereta atas tanah dan bus yang dikelola JR (milik pemerintah), ada kereta bawah tanah alias subway yang dikelola berbagai perusahaan baik pemerintah maupun swasta, juga kereta-kereta dan bus jenis lainnya yang dikelola swasta. 

5. Bagaimana tahu-nya perlu JR Pass atau tidak?
Ketahui dulu tujuan kamu mau ke mana saja, dan akan naik alat transportasi apa saja. Akses dan rute bisa browsing di internet dengan mudahnya. Rute, berapa biaya-nya, dan berapa lama perjalanan-nya bisa cek di www.hyperdia.com. Setelah tahu itu semua, barulah mencari tahu apakah menggunakan JR Pass bisa  menghemat ongkos perjalanan. Kalau malah jadi lebih mahal, berarti nggak perlu beli JR Pass.

6. Memangnya JR Pass ada bermacam-macam?
Iya. Yang sering disebut dengan "JR Pass" saja berlaku untuk seluruh Jepang (ada juga yang menyebutnya nation wide), tersedia untuk 7 hari, 14 hari, dan 21 hari. Ada juga yang berlaku dalam wilayah cakupan yang lebih kecil dan jangka waktu lebih pendek misalnya JR Tokyo Wide Pass yang berlaku di area Kanto dan tersedia untuk 3 hari. Berbeda-beda cakupan wilayah-nya dan berbeda-beda harganya juga. Maka itu sebelum beli harus tahu dulu mau dipakai kemana, salah-salah beli JR Pass malah jadi lebih mahal ongkosnya karena tidak banyak dipakai. Contoh : jika kamu hanya berencana mengelilingi Tokyo dan sekitarnya, cukup beli JR Tokyo Wide Pass. Atau jika kamu hanya berencana menglilingi area Kansai dan sekitarnya, cukup beli JR Kansai Wide Pass. Tidak perlu beli JR Pass yang berlaku seluruh Jepang.



7. Di mana kita bisa cek info tentang bermacam-macam JR Pass?
Bisa dicek salah-satunya di sini. Atau kunjungi website masing-masing : JR East, JR West, JR Hokkaido, JR Kyushu, JR Shikoku, JR Central, dll. Tinggal Google pasti ketemu kok. 

8. Baik beli JR Pass dulu di Indonesia atau beli nanti setelah di Jepang?
Tergantung JR Pass-nya, umumnya bisa beli langsung di Jepang dengan harga sama dengan website. Ada juga beberapa JR Pass dari JR West yang kalau beli duluan secara online jadi lebih murah daripada jika beli langsung di Jepang. Beli dari Indonesia lewat travel agent resmi yang bekerja sama dengan JR juga bisa, tapi hati-hati ada juga yang ujung-ujungnya malah jadi lebih mahal. Kalau beli dari travel agent di Indonesia, enaknya sampai Jepang jadi sudah beres aja. Cek dulu infonya untuk masing-masing pass di website resminya dan pertimbangkan perbedaan harganya.

9. Apakah ada tiket terusan / discount pass lain selain JR Pass?
Banyak. Maka itu harus tahu mau ke mana dan akan banyak menggunakan alat transportasi apa, setelah itu bisa cek di website resmi masing-masing perusahaan pengelola alat transportasinya apakah ada tiket terusan / discount pass yang cost effective untuk itinerary kita atau tidak.

10. Susah ngomong Bahasa Jepang-nya gak kalau mau beli disana?
Seharusnya tidak ya, staff yang mengurusi JR Pass bisa berbahasa Inggris, soalnya yang beli JR Pass udah pasti orang asing semua, karena yang boleh beli hanya pemilik paspor asing dengan visa kunjungan sementara.

Sekian dan terima kasih!

Comments