Follow me on Instagram!

[TIPS] Cara Beli, Pakai, dan Refund Kartu SUICA

Apa itu SUICA?
SUICA adalah kartu e-money prabayar yang dapat digunakan untuk membayar tarif alat transportasi dan bertransaksi atau berbelanja. Di kalangan turis asing, SUICA biasanya paling sering digunakan ketika akan naik kereta. Selain untuk menggantikan karcis kereta, SUICA juga bisa digunakan untuk membayar ongkos naik bus, membeli makanan atau minuman dari vending machine, coin locker, bahkan untuk membayar saat membeli barang di minimarket. Informasi lengkap tentang kartu SUICA bisa kamu temukan di sini.

SUICA Card

Apa keuntungan menggunakan kartu SUICA daripada transaksi biasa?
  1. Lebih praktis/cepat untuk bertransaksi di mana-mana, tinggal tap lalu saldo dipotong sesuai transaksi. Kepraktisan ini terutama terasa ketika sedang menggunakan alat transportasi misalnya kereta atau bus. Untuk kereta, kita jadi tidak perlu beli karcis di vending machine setiap kali mau naik. Untuk bus, kita jadi tidak perlu menyiapkan uang tunai pas setiap kali mau turun. Tidak perlu repot dengan kembalian juga.
  2. Kadang-kadang jadi lebih murah sedikiiiiiiiiiiiiiiiiiit, misal harga karcis kereta yang harusnya 206 yen jika beli karcis kertas di vending machine jadinya 210 yen, sedangkan jika dengan SUICA saldo akan dipotong 206 yen saja.
  3. Mudah untuk melakukan top up di banyak tempat. 

Nah, bagaimana cara membeli kartu SUICA?
  1. Cari ticket vending machine berlogo SUICA di stasiun JR mana saja di area Kanto (JR East). Tekan "English" yang ada di sudut kanan atas layar jika memang perlu berbahasa Inggris.
  2. Tekan "Purchase New SUICA" di layar (yang berwarna biru).
  3. Pilih "SUICA Card" di layar (yang di tengah).
  4. Tekan tombol jumlah orang yang ada di kiri mesin jika ingin membeli sekalian lebih dari satu.
  5. Masukkan uang 2000 yen (jika hanya beli satu kartu, jika lebih tentunya uang yang dimasukkan harus 2000 yen dikali jumlah orang ya). Untuk pengisian berikutnya, tidak harus 2000 yen kok, bisa bebas diisi berapa sesuai kebutuhan.
  6. Gunakan SUICA-mu!

Nah, berikut ini adalah video dari website resmi-nya JR East (sumber: http://www.jreast.co.jp), tentang panduan bagaimana membeli dan menggunakan SUICA :



Bagaimana cara menggunakan kartu SUICA?
Tinggal tap di alat berlogo SUICA yang tersedia :) saldo pada kartu SUICA-mu akan dipotong otomatis sesuai ongkos kereta / ongkos bus / transaksi yang dilakukan. Pasti tersedia alat tap berlogo SUICA di fasilitas yang  memang kompatibel dengan kartu SUICA.


Bagaimana cara top up saldo kartu SUICA?
  • Di ticket vending machine di stasiun JR yang berlogo SUICA, biasanya tertulis "Charge SUICA", dan pasti ada tempat untuk memasukkan atau meletakkan kartu SUICA di mesinnya.
  • Saya pernah ada pengalaman kehabisan saldo SUICA saat akan membayar ongkos bus. Ternyata di bus-bus di mana SUICA bisa digunakan, tup saldo juga bisa dilakukan di dalam bus ini.

Ada 3 pilihan untuk teman-teman ketika sudah 'selesai' menggunakan SUICA :
  • Mengembalikan fisik kartu dan kamu akan mendapatkan pengembalian deposit kartu sebesar 500 yen berserta saldo yang masih ada di dalam kartu.

    CATATAN: Jika saldo di dalam kartu masih lebih besar atau minimal sama dengan 220 yen, maka saldo teman-teman akan dipotong dulu 220 yen baru sisanya dikembalikan kepada teman-teman. Jika saldonya sudah di bawah 220 yen, teman-teman akan menerima pengembalian deposit kartu sebesar 500 yen saja. Oleh karena itu lebih baik kalau saldo digunakan sampai pas habis baru mengembalikan kartu sehingga justru tidak akan terkena potongan 220 yen. 
  • Tidak mengembalikan fisik kartu, dan menyimpan saja kartu SUICA .

    CATATAN : Kartu SUICA masih akan aktif hingga 10 tahun, sehingga masih bisa di top up lagi jika teman-teman ke Jepang lagi dan akan menggunakan SUICA lagi.
  • Menggunakan SUICA hingga habis saldo-nya, tidak mengembalikan fisik kartu, sehingga tidak mendapat pengembalian deposit kartu sebesar 500 yen juga, tapi bisa membawa pulang kartu SUICA sebagai oleh-oleh HAHAHA

Catat juga bahwa kartu SUICA tidak berlaku di daerah Kansai ya, untuk area Kansai e-money nya berbeda lagi namanya. 

So, menggunakan kartu SUICA tidak secara signifikan membuat transaksi jadi lebih murah ya, tapi secara signifikan membuat transaksi lebih mudah alias lebih praktis saja. Lumayan menghemat waktu.

Sekian, sampai jumpa di artikel berikutnya!

Comments