Follow me on Instagram!

Fujiko F. Fujio Museum : Serunya Masuk ke Dunia Karakter Ciptaan Fujiko F. Fujio!

Halo-halo semua! Penggemar Doraemon dan tokoh-tokoh ciptaan Fujiko F. Fujio-sensei lainnya mana suaranyaaaa! Di artikel kali ini saya mau cerita tentang jalan-jalan saya ke Fujiko F. Fujio Museum di Kawasaki City di Tokyo! Nah, perjalanan saya kali ini disponsori oleh Kementrian Luar Negeri alias Ministry of Foreign Affair alias MOFA-nya Jepang melalui program JENESYS2.0 Japanese Pop Culture Batch nih, sayang kalau tidak diceritakan ke temen-temen semua hehehe

Bertemu Doraemon, Nobita, dan Pisuke di Fujiko F. Fujio Museum!

Fujiko F. Fujio adalah nama panggilan alias nama beken dari Hiroshi Fujimoto-sensei, seorang manga-ka atau penulis komik yang secara aktif menciptakan karakter dan kisah inspiratif untuk anak-anak yang banyak mengambil tema keseharian, cita-cita, persahabatan, harapan, kasih sayang, serta sedikit 'bumbu' fiksi ilmiah. Fujiko F. Fujio sensei sendiri telah lama tinggal di Kawasaki City, Tokyo, dan inilah alasan mengapa museum ini ada di sini. Fujiko F. Fujio-sensei sampai mendapat penghargaan kebudayaan dari Kawasaki City dan telah memiliki hubungan yang sangat erat dengan tempat ini (dikutip dari: fujiko-museum.com).

Salah satu komik nya yang mendunia ya apalagi kalau bukan Doraemon hahaha. Siapa yang tidak tahu Doraemon ya kan? Saya dan teman-teman dari 14 negara peserta JENESYS2.0 sampai bisa menyanyikan lagu tema Doraemon dalam bahasa dari negara asal masing-masing loh! Meskipun demikian, cerita dan karakter ciptaan Fujiko F. Fujio-sensei tidak hanya Doraemon saja loh, masih ada juga yang lainnya. Jadi, walaupun karakter Doraemon masih menjadi daya tarik utama di Fujiko F. Fujio Museum, karya-karya Fujiko F. Fujio-sensei yang lain juga bisa kita temukan di museum ini. Informasi lengkap seputar Fujiko F. Fujio Museum bisa dilihat di website resminya di SINI , tapi ayo kita bahas juga di artikel ini yaa

Tiket

PERHATIAN!!! Untuk temen-temen yang mau mampir ke museum ini, sayangnya nggak bisa langsung datang begitu saja ya. Untuk bisa masuk ke museum, temen-temen sudah harus punya tiket terlebih dahulu. Jadi harus reservasi dulu mau datang kapan dan di jam berapa, kalau slot di jadwal itu sudah penuh, terpaksa temen-temen pindah ke jam atau hari lain. Jumlah pengunjung dibatasi agar pengunjung bisa menikmati museum secara maksimal. 

Tiket masuk ke Fujiko F. Fujio Museum bisa dibeli mesin tiket yang ada di minimarket Lawson yang ada di mana-mana di Jepang ya. Harga tiketnya untuk dewasa/umum adalah 1000 yen, siswa SMP dan SMA 700 yen, dan anak-anak di atas 4 tahun 500 yen. Jam yang bisa dipilih ketika akan membeli tiket adalah 10:00, 12:00, 14:00 dan 16:00. Keterlambatan yang bisa ditoleransi dari jam yang tertera di tiket hanya 30 menit, jika lewat dari itu tiketnya tidak akan berlaku lagi. Pengunjung juga hanya diizinkan masuk museum selama 90 menit saja. Tidak ada tiket yang dijual di museumnya ya. Fujiko F. Fujio Museum-nya sendiri buka dari pukul 10:00 sampai 18:00, tutup setiap hari Selasa (kecuali saat Golden Week) dan setiap libur akhir tahun-tahun baru. Kalender museum bisa dicek di SINI ya. 

Akses Ke Fujiko F. Fujio Museum
  • Kurang lebih 16 menit berjalan kaki dari Odakyu Line Mukougaoka Yuen St 
  • Kurang lebih 15 menit berjalan kaki dari JR Nanbu Line Shuku-Gawara St 
  • Atau naik shuttle bus dari Odakyu Line / JR Nanbu Line Noborito St

Sumber: http://fujiko-museum.com

Sebelum masuk ke dalam museum, kita akan diarahkan untuk antri dulu. Sewaktu masih antri di luar museum, kita sudah akan bisa melihat dekorasi khas Doraemon dan kawan-kawannya nih.

Sambil antri masuk foto--foto dulu hahaha

Setelah masuk, akan ada penjelasan singkat dari staff museum. Di dalam museum ini sudah terdapat fasilitas audio guide-nya juga loh, jadi kita bisa mendengarkan beberapa penjelasan tentang museum dan karya-karya Fujiko F. Fujio-sensei yang dipamerkan di sana. Di sini kita bisa melihat coretan-coretan sketsa, meja kerja, serta peralatan menggambar milik Fujiko F. Fujio-sensei. Di area ini banyak benda-benda yang tidak boleh dipegang-pegang atau difoto loh, hati-hati ya!

Ilustrasi karya Fujiko F. Fujio-sensei

Di lantai 2, terdapat beberapa arena bermain untuk anak-anak dengan tema berbeda. Dekorasinya lucu-lucu lohhhh

Arena bermain di lantai 2

Main-main di phone booth-nya hehehe

Petunjuk arah di lantai 2

Manga Corner, ruang baca komik

Bertemu Giant di luar Manga Corner

Ada patung Doraemon yang tidak berwarna di sudut hihihi

Tangga untuk naik ke lantai 3

Di lantai 3, kita bisa bermain-main di Rofftop Playground-nya nih! Seruuuuuu! Museum Cafe nya juga ada di lantai 3 ini. 

Rooftop Playground

Pemandangan Kawasaki City dari Rooftop Playground

Berfoto dengan Dorami, lucu yah!

Lalu berfoto dengan The Little Ghost Q-taro!

P-Man juga ciptaan Fujiko F. Fujio-sensei loh! Siapa yang dulu suka nonton?

Menuju ke sisi lain Rofftoop Playground...

Ada pintu kemana saja!

Atraksi utama, ada Doraemon dan Nobita yang sedang menaiki Pisuke!

Seperti di animenya!

Eyyy ada Doraemon!

Museum Cafe

Menu Museum Cafe

Gift Corner, tempat membeli oleh-oleh

Setelah selesai dengan Rooftop Playground, para pengunjung diarahkan untuk kembali ke lantai 1 dan akan melewati Museum Shop tempat untuk belanja souvenir alias berbagai merchandise dari Fujiko F. Fujio Museum, seperti biasa hahaha. Kalau saya beli ini nih untuk kenang-kenangan... Kartu pos bergambarkan sketsa usang-nya Fujiko F. Fujio-sensei, dibuat seperti aslinya dengan banyak bekas hapusan, coretan pensil, dan bekas selotip yang sudah menguning. Keren yaaa!

Kenang-kenangan dari Fujiko F. Fujio Museum

Seru banget kan! So, buat temen-temen penggemar Doraemon yang sedang menyusun rencana untuk jalan-jalan ke Jepang, yuk tulis Fujiko F. Fujio Museum di daftar tujuan wisata kalian! 

Sekian dulu hari ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Comments