Follow me on Instagram!

Mari Mengeksplor Area Asakusa!

Asakusa 浅草 menurut saya merupakan salah satu destinasi ter-mainstream namun wajib dikunjungi di Tokyo. Hampir semua tour ke Jepang yang melewati Tokyo memasukkan area Asakusa di dalam itinerary-nya. Di area ini ada dua tempat tujuan yang biasanya paling sering disebut, yaitu Sensouji dan Nakamise Shopping Street. Di artikel hari ini, mari kita bahas seputar area Asakusa!

Kalau kamu sedang merencanakan perjalanan ke Jepang dan ini kali pertama kamu, area Asakusa ini biasanya wajib ke dalam itinerary kamu, nih! Hehehehe. Tapi bagi yang sudah pernah kesini, mungkin enggan datang untuk kali kedua ya, karena memang mainstream banget hahaha. Saya sendiri sudah pernah kesini dua kali, pertama bersama teman-teman saat menjadi mahasiswa pertukaran pelajar di Universitas Tsukuba, kedua bersama orangtua. Dua-duanya seru kok!


Area Sensouji 

Area ini terdiri dari beberapa kuil Buddha, yang paling terkenal sih Sensoji. Tapi tentunya masih banyak kuil-kuil lain di area ini yang bisa dijelajahi juga. Gerbang pertama dan utama yang akan kamu lewati sebelum masuk ke area kuil-kuil di Asakusa ini adalah Kaminarimon. Setelah melewati Kaminarimon, kamu akan berada di Nakamise Shopping Street.

Gerbang Kaminarimon, yang gambarnya paling sering muncul di internet

Setelah melewati Nakamise Shopping Street, kamu akan melewati satu gerbang lagi yaitu Hozoumon. Setelah itu, kamu sudah akan bisa melihat Sensoji ada di depanmu, sedangkan di sebelah kirimu ada pagoda 5 tingkat Gojunotou.

Gerbang Houzoumon

Sensouji

Sensouji

Gojunotou

Di sebelah kanan Sensouji ada gerbang lain yaitu Nitenmon, yang menuju ke Asakusa Jinja.

Nitenmon Gate

Saran saya dari pagi (kira-kira sebelum jam 9 pagi) agar di area Sensoji ini masih sepi, kalau kamu mau foto-foto jadi lebih leluasa dan tidak rebutan sama pengunjung lain. Sebagai catatan, area ini akan menjadi sangat ramai di sekitar jam 10 pagi hingga sore, bersamaan dengan jam buka toko-toko di Nakamise Shopping Street. Akan banyak sekali pengunjung baik orang Jepang sendiri maupun rombongan turis mancanegara di jam-jam ramai ini. Waktu pergi bersama orangtua, saya sampai di area Sensoji sekitar jam 7.30 dan.. masih sepi, bisa foto-foto sampai puas, kalau jelek bisa diulang lagi sampai bagus hahahaha. Rupanya banyak pekerja kantoran yang sengaja lewat area ini di pagi hari untuk berdoa sebelum berangkat kerja.

Ramai di siang hari

Selain melihat-lihat kuil, ada banyak hal yang bisa dilakukan di sini loh! Di sini juga banyak spot-spot iconic yang bisa dinikmati.

Sedang banyak anak SD yang mampir hehehe 

Membersihkan diri sebelum berdoa

Babeh berdoa sebentar

Ada area taman bergaya Jepang dengan kolam ikan koi

Ikan putih yang paling besar itu konon yang tertua di kolam ini

Dekorasi koinobori menyambut hari anak tanggal 5 Mei

Patung ibu dan anaknya yang iconic

Tempat menjual omamori

Patung Jiun no Izumi

Jalan kecil dimana kamu bisa rehat sejenak

4 tahun yang lalu saya mencoba melihat ramalan alias omikuji, tersedia dalam Bahasa Inggris juga

Isi ramalan tidak terlalu bagus jadi diikat di sini saja hehehe

Nakamise Shopping Street


Nakamise Shopping Street merupakan jalanan sepanjang 250 meter yang dimulai dari Kaminarimon hingga menuju ke Sensoji. Di jalan ini terdapat sekitar 90 toko-toko yang menjual oleh-oleh dan jajanan khas Jepang. Toko-toko mulai buka di sekitar pukul 09.30 - 10.00 pagi. Yuk intip situasi di Nakamise Shopping Street!

Sebelum jam 9-10 pagi, toko-toko masih tutup

Siang hari sudah ramaiii

Populer di kalangan anak SMP (1)

Populer di kalangan anak SMP (2)

Populer di kalangan anak SMP (3) Om dan Tante

Toko yang menjual geta

Plus minus belanja oleh-oleh di Nakamise Shopping Street versi saya :
  • Plus : serba ada, mulai dari T-shirt, gantungan kunci, pajangan yang bergaya Jepang, serta jajanan khas Jepang
  • Minus : untuk souvenir berupa barang, mainstream dan harganya harga tempat wisata 

So, kalau saya sih lebih merekomendasikan Nakamise Shopping Street sebagai tempat untuk kulineran. Cobalah berbagai jenis jajanan khas Jepang yang ada disini! Ada apa aja sih? 

Kibi Dango!

Takoyaki

Dango dengan abu rokok wijen hitam, ini unik!

Nikuman alias roti kukus isi daging

Es kepal Kakigori

Yakisoba

Ice cream rasa sake!

Oh iya, buat kamu yang senang jalan kaki, dari area Asakusa ini kamu juga bisa jalan kaki sampai ke area Tokyo Skytree loh! Memang memakan waktu 20-25 menit dengan berjalan santai, tapi sepanjang perjalanan kamu bisa sekalian menyusuri jembatan Azumabashi dan menikmati pemandangan di sekitar Sumida Park juga.

Melewati Azumabashi

Landmark populer di Sumida

Sampai di Tokyo Skytree!

Oke sekian dulu eksplorasi saya di area Asakusa, sampai jumpa di artikel selanjutnya!



Comments