Follow me on Instagram!

Pengalaman Homestay Bersama Keluarga di Jepang!

Hai semua! Saya kembali lagi dengan artikel yang baru, kali ini saya mau bercerita tentang bagaimana rasanya homestay bersama keluarga di Jepang nih! Masih dalam suasana nostalgia, kegiatan homestay sehari ini juga merupakan salah satu bagian dari program JENESYS2.0 dalam rangka memperkenalkan omotenashi alias keramahtamahan ala Jepang. Pada waktu itu, kami semua sebagai peserta JENESYS2.0 memang 'diutus' berdua-berdua untuk merasakan yang namanya homestay bersama keluarga lokal di Jepang. Nah, saya kebagian homestay berdua dengan partner setia saya Jacqueline, peserta satu kelompok Hyogo D yang sama-sama berasal dari Indonesia hehe.

Sebelumnya, saya dan Jacqueline memang sudah menerima informasi tentang anggota keluarga yang akan menerima kami sebagai anak-anak angkat sehari hahaha. Keluarga angkat kami adalah keluarga Takashina yang beranggotakan ayah (Takashina Yutaka), ibu (Takashina Ikuko), kakak laki-laki (Takashina Yuta) dan adik perempuan (Takashina Yuriko). Kebetulan sekali, saya dan Jacqueline sama-sama anak tunggal jadi kami senang bukan main akan punya kakak laki-laki dan adik perempuan di Jepang walaupun hanya satu hari. Tapi sayangnya, kami tidak bertemu dengan Yuta-niisan karena dia kuliah di luar kota.

Homestay di rumah keluarga Takashina

Di petang hari setelah studi tur ke Kobe Kosen, kami akhirnya dipertemukan dengan host family kami. Kami akhirnya bertemu dengan otousan dan okaasan -begitulah kami memanggil ayah dan ibu angkat kami- dan saling mengucapkan salam. Beruntung saya dan Jacqueline pernah belajar bahasa Jepang sebelumnya jadi setidaknya kami bisa saling sapa dalam bahasa Jepang. Malam itu kami pun langsung ikut pulang ke rumah keluarga Takashina dengan naik mobil keluarga mereka. Oh iya, oleh koordinator grup kami diberi sebuah unit ponsel untuk alat berkomunikasi.

Ponsel yang dipinjamkan untuk berkomunikasi dengan team JENESYS2.0

Begitu sampai di rumah keluarga Takashina, kami pun masuk dan langsung bisa merasakan nuansa rumah bergaya khas Jepang. Kami langsung diantarkan ke kamar kami, kamar tamu di lantai 1.  Kamarnya juga washitsu (kamar bergaya Jepang) banget teman-teman... Alasnya tatami, pintunya pintu geser dengan rangka kayu dan kertas. Ada sebuah televisi di dalam kamar. Senangnya!

Genkan

Lampu kamarnya cakeep

Setelah meletakan barang-barang dan merapikan muka yang kusut karena habis berjalan-jalan seharian, okaasan masuk ke kamar kami dan menyapa dan kami pun mengobrol sebentar. Okaasan juga menjelaskan cara membuka dan menutup jendela, menyalakan televisi, dan lain-lain tentang kamar kami itu. Mungkin muka saya dan Jacqueline kelihatan bingung hahaha. Keibuan banget deh beliau orangnya. Tidak hanya itu, ternyata okaasan memberi kenang-kenangan untuk kami loh!!! Kami juga membawa kenang-kenangan dari Indonesia, jadi kita tukeran deh hehehe.

Setelah mengobrol sebentar dengan menggunakan campuran antara bahasa Jepang level anak SD, bahasa isyarat dan bahasa Inggris, okaasan mengajak kami untuk makan malam bersama di ruang makan di lantai 2. Saat akan makan malam, kami akhirnya bertemu dengan Yuriko-chan, yang baru saja pulang dari sekolah. Sibuk banget ternyata anak SMA di Jepang baru sampai di rumah saat jam makan malam. Setelah saling sapa dalam bahasa Jepang level anak SD lagi, kami pun makan bersama. Menu makan malam adalah karaage dan takoyaki nih! Takoyakinya buat sendiri sama-sama, punya saya gagal terus nggak bisa jadi bulat hahahaha! Seru! Saat makan malam kami juga mengobrol dan otousan bercerita tentang bagaimana Hawaii menjadi negara favoritnya.

Makan malam, takoyakinya sudah habis duluan hahaha

Sebagai dessert kami diberi es krim, enak!

Setelah makan malam, otousan memberi tahu kami bahwa besok pagi beliau akan mengajak kami ke Universal Studio Japan di Osaka. Saya dan Jacqueline senangnya bukan main. Siapa yang menyangka kalau kami bisa pergi kesana?! Yaaaaay!! Otousan juga menanyakan kepada kami, mau melakukan apa lagi setelah ini, berbelanja ke mal, atau karaoke di rumah? Saya dan Jacqueline langsung menjawab karaoke!!! Ternyata di rumah keluarga Takashina ini ada sebuah ruang keluarga yang cukup luas. Saya dan Jacqueline memang suka lagu Jepang, jadi kami juga menyanyikan lagu-lagu Jepang saja saat karaoke. Otousan dan okaasan terkejut ketika kami hafal banyak lagu dalam bahasa Jepang hahaha. Daaaan ternyata otousan dan okaasan dua-duanya pinter nyanyi! Suaranya bagusssss kyaaaa. Okaasan dan Yuriko-chan juga ngefans sama ARASHI loh!

Karaoke party!!!


Setelah puas karokean bareng otousan dan okaasan, saya dan Jacqueline pun kembali ke kamar, mandi, dan bersiap-siap untuk tidur. Besoknya pagi-pagi harus sudah siap karena mau berangkat ke Universal Studio Japan di Osaka.

Merapikan futon dan pilih-pilih selimut dulu ah

Sebelum tidur nonton AKB48 dulu di TV hahaha

Siap-siap tidur

Pagi-paginya, saya dan Jacqueline pun bersiap-siap untuk sarapan bersama di lantai atas. Saya sempat foto-foto dulu di luar kamar, udara paginya segar banget!

Foto dulu di luar kamar

Eh, ada sepeda hehehe sayangnya nggak sempat sepedaan keliling komplek

Setelah sarapan bersama, kami berlima berfoto bersama. Untuk kenang-kenangan. Pokoknya nggak akan pernah lupa deh senangnya bisa homestay bersama keluarga di Jepang.

Belum siap (1)

Belum siap (2)

Akhirnya jadi juga foto keluarga-nya hahaha

Sarapan sudah, foto keluarga sudah. Saatnya berangkat ke Universal Studio Japan di Osaka. Yeeeeyy. Kami berlima pergi naik mobil, perjalanan kurang lebih 1 jam dari Kobe ke Osaka. Sepanjang perjalanan kami ngobrol-ngobrol dengan bahasa Jepang level anak SD campur bahasa isyarat lagi hahaha

Siap berangkaaaat

Selfie dulu dong

Akhirnya sampai juga di Universal Studio Japan di Osaka yeeeey~~!!! Kami berlima main sampai sore, sebelum nanti malamnya ada acara perpisahan dengan semua host family dari para peserta JENESYS2.0 kelompok Hyogo D.

Wajah happy mau main

Nonton pertunjukkan Indiana Jones

Jurassic Park

Antri bareng untuk ke wahana Jurassic Park

Ekspresi kita waktu main di wahana Spiiderman terekam kamera

Churros!

Back Drop

Sesame Street 4D

Foto setelah main di Back to the Future

Semakin sore semakin ramai pengunjung

Eh ada Shrek!

Sorenya nonton parade yang lewat!

Foto bareng Yuriko-chan

Foto wajib di Universal Studio 

Setelah puas bermain-main seharian, kami semua pergi bersama langsung ke JICA Kansai, tempat dimana kami akan menghadiri acara perpisahan dengan semua host family. Huhuhu sedih deh. Di acara perpisahan ini kami makan malam bersama, beberapa perwakilan dari peserta JENESYS2.0 kelompok Hyogo D juga menampilkan beberapa pertunjukkan kebudayaan untuk menghibur semuanya. Ada pertunjukkan kebudayaan dari penduduk setempat juga loh!

Otousan sebagai perwakilan dari para host family
Photo credit : JENESYS2.0

Makan malam bersama
Photo credit : JENESYS2.0

Cultural talent show
Photo credit : JENESYS2.0

Foto keluarga terakhir saat perpisahan

Setelah selesai acara perpisahan, kami saling bertukar email supaya di masa depan bisa saling menghubungi lagi. Saya dan Jacqueline juga saling follow akun Twitter dan (baru-baru ini) Instagram dengan Yuriko-chan. Sekarang dia sudah jadi mahasiswa, makin cantik! Saya dan Jacqueline juga masih berkirim email dengan otousan, terutama setiap tahun baru. Kami dapat email ini dari otousan! Semoga di masa depan ada kesempatan mampir ke Kobe lagi! Amin!

Arigatou gozaimasu, otousan!

Akhir kata, sungguh pengalaman homestay yang tidak terlupakan walaupun cuma sehari! 

Foto bersama seluruh peserta dan host family
Photo credit : JENESYS2.0
See you on the next post!

Comments