Follow me on Instagram!

[Review] Sewa Kimono di Kyoto Kimono Rental Yumeyakata!

Halo halo! Lama tak berjumpa! Di artikel hari ini saya mau kasih rekomendasi untuk tempat penyewaan kimono di Kyoto, Jepang nih namanya Kyoto Kimono Rental Yumeyakata

Nah, buat teman-teman yang sedang merencanakan liburan ke Jepang, kata orang belum afdol kalau belum coba pakai kimono sambil jalan-jalan di Jepang-nya langsung nih! (padahal nggak juga sih ya hahaha). Tapi pastinya teman-teman akan dapat foto yang bagus buat dipajang di Instagram punya pengalaman tersendiri yang tidak terlupakan. 

Di Kyoto sendiri banyak sekali kuil-kuil dan tempat bersejarah, jadi pas banget kalau teman-teman jalan-jalan di Kyoto sambil pakai kimono. Kapan lagi iya kan?


Nah, waktu saya akan liburan ke Kyoto, saya juga langsung cari-cari tempat untuk sewa kimono nih. Pastinya di Kyoto ada banyak sekali tempat penyewaan kimono, tapi hal-hal yang menjadi pertimbangan saya dalam memilih tempat penyewaan kimono antara lain: 
- dekat dengan tempat tujuan wisata yang memang ingin dikunjungi
- lokasi tidak sulit dicari
- sudah punya official website sendiri dengan informasi yang lengkap dan jelas 
- cara reservasi mudah
- punya layanan berbahasa Inggris, yang artinya sudah tourist friendly
- harga terjangkau
- muncul di halaman pertama mesin pencari Google atau sudah banyak yang mereview.

Dan, sampailah saya di halaman website Kyoto Kimono Rental Yumeyakata. Website-nya cakep, infonya lengkap dan jelas. Ada halaman berbahasa Inggris-nya dan yang paling keren.....ada halaman berbahasa Indonesia-nya juga di SINI nih! Tidak tanggung-tanggung, ada halaman berbahasa Cina, Korea, Thailand, Perancis, Spanyol, dan Vietnam juga. Jadi, jangan takut terkendala bahasa ketika akan menyewa kimono di sini. 

Ada 2 lokasi Kyoto Kimono Rental Yumeyakata, yaitu di Gojo dan Oike. Waktu itu saya pergi ke main shop-nya di Gojo, karena lebih mudah aksesnya untuk ke Kiyomizudera (sengaja ingin sewa kimono saat berjalan-jalan di Kiyomizudera dan sekitarnya). Akses untuk menuju Kyoto Kimono Rental Yumeyakata Gojo Shop juga secara jelas ada di websitenya di SINI, sampai diberi keterangan foto jalan-nya, bangunan-nya, bahkan sudah ada Google view serta video rute dari stasiun terdekat-nya jadi gampang sekali ditemukan. Makin mantap untuk sewa kimono di sini saja. 

Sumber: www.en-kyoto.yumeyakata.com/access

Buat teman-teman yang mau kepoin akun Instagram-nya Yumeyakata, di sini niiiih:


Akses untuk menuju ke Kyoto Kimono Rental Yumeyakata Gojo Shop cukup mudah, dari JR Kyoto St, tinggal naik subway Karasuma Line turun di Gojo St. Keluar dari Exit 1, jalan kaki 2 menit sampai ke Yumeyakata. Dijamin nggak akan nyasar deh hehehe. Beberapa langkah dari Yumeyakata Gojo Shop juga ada bus stop jadi saya bisa langsung naik bus untuk ke area Kiyomizudera.

Pilihan paket penyewaan kimono di Yumeyakata ada berbagai macam, informasi selengkapnya bisa teman-teman cek di website resminya yaa. Ada kimono rental plan biasa, premium plan furisode (kimono dengan motif premium), montsuki hakama (hakama untuk pernikahan), premium plan junior, hakama plan, samurai plan, kimono present plan (dipakaikan sekalian dibeli kimononya), photography plan (studio maupun outdoor), maiko/geisha plan (di make over seperti maiko/geisha), dan sebagainya. Khusus untuk musim panas, ada paket untuk sewa yukata. Kalau saya waktu itu sih pilihnya kimono rental plan yang paling murah biasa (JPY 2800), dengan tambahan hairstyling tanpa tambahan aksesoris (JPY 1500). Harga belum termasuk pajak 8% ya hahaha. 

Untuk cara menyewa kimono, saya akan bahas tentang cara menyewa dari halaman berbahasa Inggris ya, untuk halaman berbahasa Indonesia sama saja dan malah akan lebih mudah lagi dimengerti jadi sepertinya tidak perlu penjelasan yaa hehehe... Formulir reservasi dalam bahasa Indonesia sudah tersedia juga di halaman website berbahasa Indonesia-nya, dan akan ditangani oleh staff orang Indonesia juga kok...

Jadi, bagaimana cara untuk menyewa kimono di Kyoto Kimono Rental Yumeyakata?

1. Reservasi online lewat website di SINI. Data yang harus diisikan antara lain tanggal dan waktu kedatangan, paket penyewaan yang dipilih, jumlah orang yang akan datang, detail lain seperti ingin rambutnya ditata atau tidak, perlu translator atau tidak, dll. metode pembayaran (kartu kredit atau bayar di tempat), data diri, nomor kontak yang bisa dihubungi, dsb. Jika teman-teman tidak bisa memilih jam pada tanggal yang dipilih, berarti slotnya sudah penuh, harus cari waktu lain ya. Oh iya, pilihan metode pembayaran secara cash di tempat saat kedatangan membantu sekali, untuk kita yang tidak punya kartu kredit ya.

Catatan! Sumber: www.yoyaku-yumeyakata.com/reserve

2. Terima email konfirmasi bahwa reservasi telah dibuat. Selesaikan proses dengan meng-klik URL yang diberikan di email. Jika URL tidak di klik, reservasi teman-teman akan otomatis dibatalkan.

3. Datang ke lokasi penyewaan sesuai jam reservasi. Datanglah lebih awal paling tidak 30 menit hingga 1 jam sebelum jam reservasi. Pengalaman saya, saya datang 1,5 jam sebelum reservasi dan tetap diizinkan masuk serta langsung diproses, alhasil saya punya waktu lebih untuk memilih-milih kimono dan waktu lebih untuk berjalan-jalan dengan kimono cantik sewaan saya hihihi. Reservasi saya pukul 13:00, dan saya tiba di Yumeyakata Gojo Shop pukul 11:30 waktu itu. Sebenarnya, kalau teman-teman bisa dapat jam reservasi yang lebih pagi, tentunya makin puas ya jalan-jalan sambil pakai kimono-nya karena pada akhirnya kimono bisa disewa sampai jam 19.30 di hari itu, tapi pertimbangkan juga, karena... pegal juga loh pakai kimono seharian hehehe.

4. Tunjukkan bukti email konfirmasi reservasi ke bagian penerimaan di Gojo Shop. Untuk yang memilih opsi bayar di tempat, pertama-tama kita akan diarahkan untuk membayar terlebih dahulu sesuai paket yang dipilih saat reservasi. Jadi, berdasarkan reservasi saya membayar JPY 2800 + JPY 1500 + pajak 8% = JPY 4644.

5. Pilih kimono dan obi yang teman-teman sukai. Setelah membayar, kita akan langsung diarahkan ke tempat di mana kita bisa memilih kimono yang akan kita sewa berikut obinya. Bebas dipilih, mau warna yang senada boleh, yang tabrak warna juga boleh hahaha. Karena memilihnya berbarengan dengan tamu lain, jadi harus agak cepet-cepetan juga ya jangan sampai kimono yang kita suka keburu diambil orang hihihi.

Ini kimono dan obi yang saya pilih, bagus nggak?

6. Setelah selesai memilih, kita akan menuju ke tempat di mana staff akan membantu memakaikan kimono yang sudah dipilih. Staff sudah sangat ahli, hanya dalam kurang lebih 15-20 menit kimono dan obi sudah terpasang rapi di badan kita.

7. Penataan rambut. Setelah kimono dipakai, rambut kita akan ditata (bagi yang memilih untuk menata rambut ya). Hairstylist akan memberikan kita beberapa foto gaya rambut yang bisa dipilih. Tinggal tunjuk dan rambut kita akan ditata dengan cantik. Jika memilih opsi make up maka akan dilakukan setelah rambut ditata.

Rambut saya yang sudah ditata, sayang masih agak pendek huhu

8. Penitipan barang. Tentunya saat berjalan-jalan dengan kimono kita tidak mau membawa banyak barang jadi Yumeyakata menyediakan tempat penitipan barang seharga JPY 500. Waktu itu saya menitipkan beberapa barang saya seperti baju, sepatu, dll. Kita juga bisa memilih tas kecil bergaya tradisional Jepang untuk membawa barang berharga bersama kita seperti handphone, kamera, dsb. Bisa pilih yang senada dengan kimono nya juga loh, tapi tergantung ketersediaan ya. Saya pilih yang berukuran sedang karena membawa kamera yang cukup besar dan berat hahaha.

9. Pakai tabi (kaos kaki) dan pilih zouri (sandal). Sebelum keluar dari tempat penyewaan, kita akan melewati tempat di mana kita bisa memilih zouri yang akan dipakai. Ada beberapa pilihan warna, dan ukuran tentunya, pilihlah yang benar-benar pas sehingga nyaman saat berjalan-jalan dengan sandal ala Jepang itu hahaha.

Tabi dan zouri yang saya pilih hehehe

10. Kembalikan semua yang disewa kecuali tabi (bisa dibawa pulang, ya iya lah siapa juga yang mau terima kaos kaki bekas kita? HAHAHA) ke tempat penyewaan sebelum pukul 19.30 di hari itu. Jika ingin mengembalikan keesokan harinya, bisa dengan tambahan biaya JPY 1000, opsi bisa dipilih saat reservasi.

Sekali lagi, bagaimana proses untuk menyewa kimono di Yumeyakata bisa dilihat selengkapnya di  website resminya di sini ya, 5 Steps of Kimono Rental. Pokoknya, alur penyewaan kimono di Yumeyakata sudah mantap sekali, cepat dan lancar. Keren!!!

Saya mau pamer perlihatkan sedikit hasil foto-foto saya saat jalan-jalan di sekitar area Kiyomozudera dan Higashiyama sambil pakai kimono dari Yumeyakata yaaa ini niiiiih.......... Seru banget!

Foto dengan latar belakang Kiyomizudera

Berbaur dengan penduduk lokal hahaha

Foto dulu di Kyoto St sama Gina-chan (baca: fotografer pribadi saya wkwkwk) sebelum pulang

Nah, kalau teman-teman cek di website resmi Yumeyakata, tersedia banyak diskon menarik juga, tergantung paket penyewaan kimono yang teman-teman pilih. Semua lengkap dijelaskan di website resminya. Oh iya, pemegang JR West Rail Pass juga bisa mendapatkan diskon 10% untuk paket penyewaan kimono atau yukata, serta mendapatkan kenang-kenangan gratis dari Kyoto Kimono Rental Yumeyakata (syarat dan ketentuan berlaku). Cukup tunjukkan JR West Rail Pass-mu kepada staff. Informasi selengkapnya di SINI.

Jadi, jangan takut, Kyoto Kimono Rental Yumeyakata ini sudah terpercaya teman-teman. Malah Uya Kuya dan keluarga juga foto-foto di Kyoto sambil pakai kimono dari Yumeyakata loh! Ini saya lihat dari Facebook Page-nya Yumeyakata nih teman-teman.

Sumber: Facebook Page Kyoto Kimono Rental Yumeyakata

Overall, puassss sewa kimono di Kyoto Kimono Rental Yumeyakata. Nanti kalau ada kesempatan main ke Kyoto lagi mau ah sewa kimono di sini lagi, photography plan-nya mungkin sekalian ajak orangtua lagi? AMIIIIIIINN....

Sekian review saya hari ini, sampai jumpa di artikel berikutnya!

Comments