Follow me on Instagram!

ASEAN International Mobility for Students (AIMS)-Trans ASEAN Global (TAG) Exchange Program di Universitas Tsukuba, Jepang

Halo! Hari ini saya mau nostalgia dulu nih.. 4 tahun yang lalu di akhir bulan September, saya menginjakkan kaki di Jepang untuk kedua kalinya setelah JENESYS2.0 Japanese Pop Culture, kali ini untuk ikut program pertukaran pelajar di Jepang. Akhirnya, hari yang paling saya tunggu-tunggu datang juga, meskipun sebelumnya banyak 'drama' yang harus dilewati, oops. Beruntung saya tidak berangkat sendiri, ya, siapa lagi kalau bukan sama Gina-chan hehehe. Terimakasih banget banget buat Teknologi Pangan IPB dan DIKTI!

AIMS-TAG Fall 2014

Sampai di Jepang
Begitu mendarat di Bandara Internasional Narita di Jepang, saya, Gina-chan, beserta teman-teman sesama mahasiswa pertukaran pelajar lainnya sudah langsung disambut oleh staff AIMS-TAG dari Universitas Tsukuba. Ada Ms Gwen--yang sudah mengurusi kami saat masih di Indonesia, Nomura Sensei, Tak-san, Aki-san dan Mr Fernando. Semuanya baik-baik banget

Dijemput di Bandara Narita

Pertemuan dengan Tutor
Kami pun langsung diantar ke asrama masing-masing di dalam kampus. Hari itu kami ada pertemuan dengan para tutor kami. Tutor adalah mahasiswa Universitas Tsukuba yang akan mendampingi kami selama progam exchange, membantu saya dan teman-teman peserta exchange semua untuk beradaptasi dengan kehidupan kampus di Jepang. Satu peserta program exchange akan didampingi oleh satu tutor. Malam itu tutor saya Miharu-chan mengunjungi saya di kamar asrama untuk membantu saya memasang sprei ala Jepang yang belum saya mengerti, dan membawakan snack. Terharuuuuuuuu

Acara bersama para tutor!

Foto bersama para tutor!

Masa Orientasi
Selama 3 hari saya dan teman-teman peserta program exchange menjalani masa orientasi, yang terdiri dari campus tour, jalan-jalan bareng ke Tokyo (asik ke kota!), penjelasan perkuliahan, dsb.

Naik bus kampus bareng!

Campus tour

Jalan-jalan ke Tokyo!

Kuliah di Kelas dengan Pengantar Bahasa Inggris
Pastinya ini inti dari pertukaran pelajar ini yaa. Kuliah alias transfer kredit nih. Jadi SKS nya akan diperhitungkan. Jika ada mata kuliah serupa yang diambil di Universitas Tsukuba, maka tidak perlu lagi mengambil di universitas asal. Nah, untuk kasus saya dan Gina-chan, karena pada waktu berangkat sudah menyelesaikan semua mata kuliah Teknologi Pangan di IPB, mata kuliah yang diambil di Universitas Tsukuba diperhitungkan sebagai mata kuliah pilihan. Kami kebanyakan memilih mata kuliah yang terkait dengan pangan dan pertanian, serta bahasa dan kebudayaan Jepang. Kami kuliah bersama mahasiswa S1 program bahasa Inggris nih, jadi di kelas banyak bertemu dengan mahasiswa asing lainnya serta mahasiswa Jepang yang memang mengambil kelas-kelas berbahasa Inggris.

Kuliah dulu

Praktikum!

Meet Up dengan Teman-teman dari Universitas Ibaraki
2 minggu setelah sampai di Tsukuba, saya dan Gina-chan janjian nih sama anak-anak dari Universitas Ibaraki yang dulu pernah summer program di IPB. Kami janjian untuk bertemu di Tsuchiura, kota tetangga Tsukuba, karena kebetulan sedang ada kompetisi kembang api nasional tahunan di Tsuchiura! Senangnyaaaaa bisa ketemu mereka lagi!

Wefie dulu!

Nonton kembang api, keren!

Welcome Hiking for International Students!
Sebulan kemudian, kami mendapat undangan dari anggota klub TEAM8 (beranggotakan para mahasiswa Jepang yang aktif dalam kegiatan bersama para mahasiswa asing di Universitas Tsukuba) untuk ikut acara penyambutan bagi mahasiswa asing yang baru masuk di Fall Semester. Karena makan-makan sudah biasa, acara penyambutan diganti kegiatan hiking untuk saling mengakrabkan satu sama lain! Seru!

Sampai di puncak Tsukuba-san!

Berfoto bersama di Tsukuba-san shrine

Kimono Workshop
Saya dan Gina-chan juga dapat undangan untuk ikut kimono workshop, excited banget! Acara ini merupakan bagian dari kegiatan pertukaran budaya yang diselenggarakan oleh klub TICE (Tsukuba International Cultural Exchange). Ternyata susah ya pasang kimono sendiri hehehe.

Susahnyaa pakai kimono sendiri!

Makan Malam Bersama Rektor dan Wakil Rektor Universitas Tsukuba
Rektor Universitas Tsukuba juga mengundang seluruh mahasiswa asing untuk makan malam bersama loh! Jadi kami bisa bertemu mahasiswa asing lainnya di kampus nih. Selain itu, wakil rektor juga mengadakan acara diskusi dan makan malam bersama para peserta AIMS-TAG.

Seru!

Penampilan Kebudaayaan Bersama Para Tutor!
Sudah pasti, kegiatan pertukaran pelajar belum lengkap tanpa penampilan kebudayaan dari masing-masing negara peserta kan? Acara dibuka dengan fashion show dari semua peserta. Saya pakai batik dan Gina-chan pakai kebaya hihihi. Saya, Gina-chan, dan Ade-kun (peserta dari Binus) juga tampil menyanyikan lagu bahasa Indonesia hehehe.

AIMS-TAG All Star!

Perwakilan Indonesia!

Festival Kampus
Saya dan Gina-chan juga berkesempatan mengalami yang namanya festival kampus di Universitas Tsukuba loh! Seru banget, serasa di film-film Jepang hahaha. Di festival kampus ini, klub-klub mahasiswa yang ada di Universitas Tsukuba membuka stand, ada yang menjual makanan, ada yang memberikan service tertentu, ada yang menampilkan pertunjukan tertentu, dsb. Ada pula panggung yang menampilkan pertunjukan band kampus, dance dari girl group kampus, dsb. Pokoknya, seluruh kampus disulap menjadi tempat hiburan hahaha.






Kumpul-kumpul PPI

Nah, di Universitas Tsukuba ini banyak mahasiswa Indonesia nya juga nih, baik yang sedang S1, S2, maupun S3. Para pengurus PPI mengundang mahasiswa Indonesia yang baru tiba ke Tsukuba untuk kumpul-kumpul bareng, untuk kenalan, bikin sate bareng, dan merayakan Hari Batik bareng!

Welcome Party PPI Ibaraki!

Bikin sate dulu yaaa

Merayakan Hari Batik bersama PPI!

Ski di Niigata
Di akhir Desember 2014, kami para peserta program AIMS-TAG diajak oleh Aki-san untuk ikut main ski ke Niigata. Tapi ya siapa yang mau saja, biaya sendiri juga. Dan semuanya mau! Kapan lagi merasakan main ski di tempat bersalju tebal di Jepang iya kan?

Berangkaaat! 

Pertama kalinya ski!

Studi tur ke Saitama dan Nagano!
Nah, ini studi tur yang paling asik! Di hari pertama, saya dan teman-teman peserta AIMS-TAG diajak untuk melakukan studi banding bersama para siswa sekolah SMA yang dikelola Universitas Tsukuba, yaitu Sakado High School. Di sekolah itu, masing-masing dari kami memimpin diskusi di sebuah grup kecil untuk membandingan kehidupan sekolah di Indonesia dan di Jepang. Setelah studi banding ke Sakado High School, hari berikutnya kami diajak berlibur ke Nagano. Senangnyaaaaaa!

Habis ngobrol-ngobrol dengan siswa Sakado High School nih!

Main ke Jigokudani, Nagano

Zenkoji, Nagano

Seru!

Makan Malam Bersama Representatif AIMS-TAG dari Universitas Peserta
Ini adalah acara yang mempertemukan semua peserta AIMS-TAG beserta para tutor, dengan perwakilan (kebanyakan dosen-dosen) dari universitas-universitas peserta. Di kesempatan ini, para perwakilan dari universitas peserta meninjau seperti apa program AIMS-TAG berjalan, maklum, yang saya dan Gina-chan ikuti ini baru batch pertama. Para tutor yang kebanyakan terdiri atas mahasiswa Jepang yang juga akan ikut program AIMS-TAG di semester berikutnya juga berkesempatan untuk berkenalan dengan dosen-dosen dari universitas tujuan yang akan mengurusi mereka nantinya. Seperti biasa, di acara-acara seperti ini pasti ada penampilan kebudayaannya dong. Saya, Gina-chan, bersama mahasiswa dari Malaysia menampilkan tarian tradisional ala-ala Melayu loh!

Foto bersama dosen-dosen perwakilan dari Indonesia!

Perform dulu yaa

Tahun baruan di Tsukuba
Merayakan tahun baru bersama teman-teman juga menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan selama di Jepang. Di hari pertama tahun baru, saya dan teman-teman dari IPB hiking lagi ke Tsukuba-san untuk melihat matahari yang terbit pertama di tahun 2015. Selain itu, saya dan Gina-chan juga diundang ke apartemen-nya Ayumi-chan (tutornya Gina-chan) untuk makan bubur nanakusa gayu di tahun baru hehehe

Selamat tahun baru!

Matahari terbit pertama di tahun 2015

Seru!

Terima kasih Ayumi-chan dan Erina-san (kakaknya Ayumi-chan)!

Animal Tracking & Bird Watching di Nagano!
Perkuliahan reguler sudah selesai, jadi kami punya waktu kosong (sebelum pulang ke negara masing-masing) sekitar sebulan lagi. Ternyata, masih ada kuliah yang diadakan saat liburan ini loh. Kalau di IPB sih ya seperti semester pendek gitu deh. Peserta aslinya adalah mahasiswa S1 biologi di Universitas Tsukuba. Perkuliahan diadakan selama 5 hari penuh di Nagano. Asyiknya, untuk para peserta AIMS-TAG yang mendaftar dan terpilih untuk ikut, semua biaya akan ditanggung oleh kampus. Waktu itu saya dan Gina-chan cepat-cepat mendaftar, dan kami terpilih untuk ikut. Asyiiiiiik, selain dapat ilmu tambahan, dapat jalan-jalan gratis ke Nagano lagi nih! Yeeeey

Bird watching
Animal tracking

Air terjunnya beku teman-teman!

Liburan ke Area Kansai

Kalau liburan ini, saya dan Gina-chan liburan berdua saja nih. Liburannya ala-ala mahasiswa saja, menginapnya juga di budget hostel. Sebelum pulang, kami menyempatkan untuk berlibur selama 5 hari ke Kyoto, Osaka, dan Nara. Kapan lagi hehehe.

Kinkakuji

Universal Studio Japan

Nara!

Saatnya Pulang ke Indonesia
Ini saat-saat yang paling bikin... baper. Di satu sisi, saya masih betah di Jepang dan belum ingin pulang. Di sisi lain, saya mulai merasa kesepian karena sebagian teman-teman peserta program AIMS-TAG sudah pulang ke negaranya, teman-teman Jepang juga sedang liburan semester jadi kampus sepi. Di sisi lainnya lagi, saya senang karena akhirnya bisa pulang lagi ke Indonesia, kangen juga sama orangtua dan teman-teman di Indonesia. Perpisahan dengan para staff AIMS-TAG dari Universitas Tsukuba yang selama ini mendampingi kami juga bikin sedih nih.

Foto dengan staff AIMS-TAG sebelum pulang

AIMS-TAG Program Follow Up Meeting di Kuala Lumpur, Malaysia
Setelah bersedih-sedih karena perpisahan, kami mendapat kabar gembira!!! Semua peserta AIMS-TAG akan bisa bertemu kembali untuk menghadiri follow up meeting program AIMS-TAG di Kuala Lumpur, Malaysia. Kabar ini sukses bikin saya menangis bahagia hahaha. Di pertemuan ini, masing-masing dari kami mempresentasikan kegiatan kami setelah program AIMS-TAG, dan bagaimana perkembangan program ini di kampus masing-masing (banyak peminatnya atau tidak, dsb). Kami juga menjelaskan kondisi di kampus masing-masing, informasi ini berguna untuk mahasiswa Universitas Tsukuba yang nantinya akan ikut pertukaran pelajar di kampus kami juga. Kegiatan ini semuanya dibiayai oleh Universitas Tsukuba.

Presentasi perwakilan dari IPB

Senangnya bisa ketemu lagi!!!

Jalan-jalan di Kuala Lumpur (1)

KLCC

Sertifikat Program AIMS-TAG dari Universitas Tsukuba Sampai ke Rumah
Happy banget ketika sertifikat program AIMS-TAG akhirnya sampai ke rumah nih teman-teman!

Bertemu lagi dengan Nomura-sensei setelah 3,5 Tahun!
Setelah bertahun-tahun gagal move on dari campus life-nya Universitas Tsukuba, kabar baik datang lagi 3.5 tahun kemudian. Nomura-sensei yang dulu menjadi penanggung jawab kami selama ikut program pertukaran pelajar di Universitas Tsukuba, datang ke Jakarta dan mengundang para alumni AIMS-TAG untuk makan malam bersama. Senang bisa bertemu Nomura-sensei lagi! Saya juga senang bisa berkenalan dengan para adik-adik alumni AIMS-TAG lainnya.

Nomura-sensei di Jakarta!

Pokoknya terima kasih banyak banyak banyak buat program AIMS-TAG di Universitas Tsukuba! What a life changing experience! 




Comments

  1. Seru ih jadi pengen nulis tentang AIMS juga, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoooo donnn mau bacaaaa ttg yg vietnammmm

      Delete

Post a Comment