Follow me on Instagram!

Seperti Apasih, Festival Kampus di Jepang?

Hai semuaaaaaa. Lama tidak berjumpa nih ya. Kangen nggak

Hari ini saya mau cerita tentang gimana sih festival kampus di Jepang itu. Saya sendiri mengalami yang namanya festival kampus waktu di Universitas Tsukuba sih, tapi overall di universitas lain juga sama lah. Seru loh! Jadi, ngapain aja sih di festival kampus itu? Sama nggak sih dengan yang suka ada di film-film Jepang? Hahaha

Maid Cafe?!

Waktu itu sih, festival kampus di Universitas Tsukuba berlangsung selama 3 hari, dari hari Jumat sampai Minggu. Hari Jumat-nya jadi libur loh.. nggak ada kegiatan perkuliahan. Pagi sampai siang, kampus disibukkan dengan persiapan festival, seperti mendekor, menata panggung, dsb. Di hari pertama itu, acara dimulai di sore hingga malam hari. Waktu itu hujan, tapi tetap ramai!

Sudah ada stand makanan yang buka

Biarpun hujan, kampus ramai

Bergabung bersama para fanboy nonton aksi panggung idol kampus hehehe

Bagi saya dan teman-teman mahasiswa asing lainnya, festival kampus ini jadi salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu, karena ingin coba mengalami seperti apa sih serunya. Meskipun demikian, ternyata untuk mahasiswa Jepang sendiri, acara seperti ini sudah biasa banget loh hahaha

Nah, setiap harinya, pagi-pagi saya dan teman-teman sudah janjian untuk main-main di festival bersama-sama nih. Begitu sampai di kampus, wow, saya takjub. Area kampus yang biasanya sepi-sepi syahdu berubah jadi sangat meriah!

Kampus jadi ramai!

Asyiknyaa

Parkiran sepeda penuh!

Ke festival bersama teman-teman!

Arena corat-coret

Pertunjukan ensemble dari klub musik

Setiap sudut di kampus dipenuhi stand-stand yang menarik, mulai dari stand yang menjual makanan-makanan khas festival sampai stand yang memberikan service tertentu seperti menggambar karikatur, berfoto dengan kuda, dan sebagainya.

Stand kroket!

Turkish ice cream!

Stand ramai pengunjung

Mau dibuatkan patung kepala kita?

Takoyaki

Ikayaki alias cumi bakarrr

Kebab!

Bakpao ayam dan bakpao pizza

Dango

Lucu yaaa

Selain itu, ada panggung-panggung yang menampilkan pertunjukan band, stand up comedy, dance, dan sebagainya.

Nonton band dulu

Lalu loncat-loncat!

Ruang-ruang kelas juga dijadikan kafe-kafe dengan konsep tertentu, seperti maid cafe, music cafe, dan lain-lain. Keren!!! Semuanya dari mahasiswa loh, ada dari klub-klub ekstrakulikuler, perkumpulan mahasiswa asing, dan lain sebagainya. Oh iya, festival kampus ini juga dibuka untuk umum, jadi banyak juga keluarga yang datang dengan mengajak anak-anaknya untuk bersenang-senang. Seru deh!

Maskot festival kampus, lucu yaaaa

Di hari kedua saya bertugas di klub percakapan Bahasa Inggris hehehe

Ramai pengunjung di hari kedua!

Orkestra!

Serunya lagi, di festival kampus ini saya dan teman-teman bisa nge-gap pasangan-pasangan baru yang lagi jalan bareng loh hihihihihi. Di hari ketiga alias hari terakhir, acara biasanya ditutup dengan pesta kembang api. Romantisssssss loh! Semua orang berkumpul untuk menyaksikan kembang api, bagusss

Pertunjukan para cheerleaders!

Pengumuman pemenang ajang Miss Kampus hehehe

Pesta kembang api penutupan

Pesta kembang api penutupan

Nah, jadi kira-kira seperti itulah festival kampus di Jepang. Masing-masing klub yang ada di universitas juga bisa mempromosikan kegiatan dan hasil kerja mereka nih!

Okeee, sekian dulu artikel hari ini yaaa. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Comments