Follow me on Instagram!

Tur Musim Dingin ke Nagano, Jepang Bagian 1 : Serunya Mengintip Para Kera yang Sedang Berendam Air Panas di Jigokudani Yaen Koen

Halo semua! Pasti di antara teman-teman semua, banyak yang sudah pernah mendengar tentang monkey onsen kan? Yaaaa, para kera berendam di kolam air panas alias onsen untuk menghangatkan diri saat musim dingin, seperti manusia saja hihihi. Kebetulan, saya dan teman-teman mahasiswa pertukaran pelajar berkesempatan untuk mengunjungi Nagano selama dua hari nih teman-teman, dan di hari pertama saya pergi ke Jigokudani Yaen Koen atau juga dikenal dengan Jigokudani Snow Monkey Park untuk melihat secara langsung bagaimana sih para kera liar berendam dengan nyamannya di onsen alami! Saya saja belum pernah berendam di sumber air panas alami begitu. #curhat

Para kera yang sedang berendam di onsen, Jigokudani Yaen Koen

Perfektur Nagano sendiri memang dikenal sebagai salah satu daerah di Jepang dengan kualitas salju terbaik. Oleh karena itu, tentunya ketika memasuki musim dingin, di Nagano bersalju tebal. Tidak heran, Nagano juga merupakan tuan rumah bagi banyak ski resort di Jepang. Nah, Jigokudani Yaen Koen di Nagano menjadi satu-satunya tempat di Jepang di mana kita bisa melihat fenomena monkey onsen ini. Ada kera, yang berendam di sumber air panas alami, di area yang dikelilingi salju tebal.

Mengintip para kera berendam air panas

Waktu itu, saya dan teman-teman mahasiswa pertukaran pelajar menginap di Hotel Chisun Grand Nagano. Hotel ini hanya berjarak sekitar 5 menit dari JR Nagano St. Setelah menaruh barang-barang di kamar, melihat-lihat brosur di hotel, dan bertanya tentang cara menuju ke Jigokudani Yaen Koen kepada resepsionis hotel, kami pun siap berangkat. Dari hotel, kami berjalan kaki ke bus stop untuk naik Nagaden Bus yang menuju ke Jigokudani Yaen Koen dari JR Nagano St. Ongkosnya 1400 yen untuk sekali jalan, saya beli tiket round trip jadi totalnya 2800 yen. Perjalanan memakan waktu sekitar 50 menit, dan kami turun di bus stop Kanbayashi yang terdekat ke Jigokudani Yaen Koen.

Jalan kaki dari hotel dulu...

Berangkat!

Setelah turun di bus stop Kanbayashi, untuk mencapai Jigokudani Yaen Koen alias Jigokudani Snow Monkey Park masih harus berjalan kaki sekitar 40 menit lagi, sebagaimana yang digambarkan di poster berikut ini….

Lucu ya, poster ini digambar manual

Tapi tenang, selama jalan kaki ini kita akan disuguhi pemandangan yang spektakuler. Cantik banget! Dan ternyata bukan hanya berjalan kaki loh, tapi sedikit hiking nih teman-teman. Jadi, kalau mau ke sini, siap-siap pakaian dan sepatu yang nyaman dan tidak licin ya. Karena untuk benar-benar mencapai pemandian para kera kita masih harus melewati medan yang seperti ini nih….

Siap bertualang 

Sumber air panassss

Kita bisa melihat onsen alam terbuka, kalau yang ini untuk manusia 

Pemandangan sisi kiri dan kanan

Menaiki tangga dulu untuk sampai ke ticket booth

Pemandangan dari tempat yang lebih tinggi

Tiket masuk ke Jigokudani Yaen Koen adalah 500 yen. Setelah membeli tiket, kita sudah akan bisa melihat 'gerbang' masuknya, lalu masih harus mendaki lagi sedikit sampai ke monkey onsen sejauh 1.6 km.

Sudah beli tiket masuknya nih teman-teman!

Ini tiket masuk Jigokudani Yaen Koen

Tenang, tidak akan tersesat kok, banyak petunjuk jalannya hehehe

Mari kita mendaki lagi...

Hati-hati licin yaaaa

Sambil dibaca ya teman-teman, ada berbagai informasi sepanjang perjalanan

Are we really different?

0.9 km lagi...

Wah, sudah mulai ada kera yang terlihat!

Dan, akhirnya… Sampaiiiiiiiii! Lucunya para kera ini berendam air panas bersama keluarganya hahaha.

Salah fokus sama kamera yang di pojok kanan atas hihihi

Lucunya!

So sweet
Banyak anak-anak kera mandi bersama bapak ibunya hihihi

Aslinya seramai ini loh teman-teman!

Keluarga bahagia

Setelah puas bermain-main dan melakukan sesi pemotretan bersama para saudara seprimata mengambil foto di Jigokudani Yaen Koen, kami pun segera turun untuk mengejar bus pulang ke JR Nagano St. Ini kali pertama saya berkunjung ke Nagano, dan kunjungan ini benar-benar berkesan. Kapan lagi mengintip para kera liar berendam di sumber air panas alami? Hahaha

Turun turuunn...

Ya, kira-kira begitulah keseruan mengintip para kera berendam air panas di Jigokudani Yaen Koen. Bagi yang ingin berkunjung ke sini, informasi lengkap bisa dilihat di websitenya di SINI yaaa teman-teman. Perkirakan juga waktu kunjungan teman-teman untuk pengalaman melihat monkey onsen yang maksimal yaa hehehe. Sebagai referensi, waktu itu saya pergi di bulan Januari. Hati-hati, jika salah memperkirakan waktu kunjungan, jangan-jangan di Nagano tidak sedang bersalju dan teman-teman tidak akan bisa melihat para kera yang berendam di onsen. Cek juga ramalan cuacanya, karena jika akan turun badai salju tebal teman-teman tidak akan diperbolehkan masuk karena alasan keamanan.

Mission accomplished!

Nah, untuk cerita hari kedua di Nagano, saya akan mengunjungi Kuil Zenkoji nih teman-teman, cerita selengkapnya di artikel selanjutnya ya teman-teman! Sampai jumpa!


Comments